Nabila, Raisa (2022) PENGEMBANGAN LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) BERBASIS PBL (Problem Based Learning) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163341043 COVER.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
2. NIM. 4163341043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
3. NIM. 4163341043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
4. NIM. 4163341043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
5. NIM. 4163341043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. NIM. 4163341043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
13. NIM. 4163341043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
14. NIM. 4163341043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD biologi kelas X SMA berbasis Problem Based Learning pada materi perubahan lingkungan yang layak digunakan dalam proses pembelajaran menurut ahli materi, guru dan siswa serta menurut ahli pembelajaran. Kemudian untuk mengetahui keefektifan penggunaan LKPD tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengunakan metode R&D (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifannya. Instrumen yang digunakan adalah angket dan wawancara, di mana angket sudah divalidkan oleh validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan LKPD pada materi perubahan lingkungan berbasis problem based learning menurut ahli materi adalah sebesar 94,2% atau tergolong sangat layak, untuk ahli pembelajaran sebesar 81% dengan kategori layak, dan menurut ahli desain 86,3% dengan kategori sangat layak, dan menurut respon siswa mendapatkan presentasi 100% yaitu positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 032 |
Keywords: | Problem based learning; Perubahan lingkungan; Lembar kerja peserta didik; Sumber belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 07 Jun 2022 04:28 |
Last Modified: | 07 Jun 2022 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45998 |