Lumban Tobing, Netty Apriyani (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI ANIMALIA DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173341048 COVER.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2. NIM 4173341048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
3. NIM 4173341048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
4. NIM 4173341048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
5. NIM 4173341048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
8. NIM 4173341048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
12. NIM 4173341048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
13. NIM 4173341048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi animalia dari aspek kognitif, aspek indikator pembelajaran serta mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi animalia di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Berastagi Tahun Pembelajaran 2020/2021. Desain penelitian yang digunakan yaitu dekskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian diambil secara Random Sampling yang berjumlah 72 siswa. Data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan angket kesulitan belajar. Persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif untuk C1 sebesar 28,47% (rendah), C2 sebesar 51,85% (sedang), C3 sebesar 58,33% (sedang), C4 sebesar 61,11% (tinggi), C5 sebesar 63,54% (tinggi), dan C6 sebesar 81,25% (sangat tinggi). Selanjutnya persentase kesulitan belajar siswa pada aspek indikator pembelajaran 1 sebesar 43,98%, indikator pembelajaran 2 sebesar 64,02%, indikator pembelajaran 3 sebesar 61,11%, indikator pembelajaran 4 sebesar 59,37%, indikator pembelajaran 5 sebesar 56,94%. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa ditinjau dari aspek internal maupun eksternal. Faktor internal meliputi: Jasmaniah (sedang), inteligensi (Tinggi), minat (tinggi), motivasi (tinggi). Sedangkan aspek eksternal meliputi: metode mengajar guru (tinggi), orang tua (tinggi), materi pelajaran (tinggi), serta lingkungan sekolah (sedang).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 033 |
Keywords: | Kesulitan belajar; Animalia; Pembelajaran biologi; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QL Zoology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 07 Jun 2022 03:14 |
Last Modified: | 07 Jun 2022 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45988 |