ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI ANIMALIA DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Lumban Tobing, Netty Apriyani (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI ANIMALIA DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173341048 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173341048 COVER.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173341048 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173341048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173341048 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173341048 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173341048 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173341048 PREFACE.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173341048 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173341048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4173341048 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4173341048 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 4173341048 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 4173341048 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173341048 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173341048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi animalia dari aspek kognitif, aspek indikator pembelajaran serta mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi animalia di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Berastagi Tahun Pembelajaran 2020/2021. Desain penelitian yang digunakan yaitu dekskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian diambil secara Random Sampling yang berjumlah 72 siswa. Data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan angket kesulitan belajar. Persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif untuk C1 sebesar 28,47% (rendah), C2 sebesar 51,85% (sedang), C3 sebesar 58,33% (sedang), C4 sebesar 61,11% (tinggi), C5 sebesar 63,54% (tinggi), dan C6 sebesar 81,25% (sangat tinggi). Selanjutnya persentase kesulitan belajar siswa pada aspek indikator pembelajaran 1 sebesar 43,98%, indikator pembelajaran 2 sebesar 64,02%, indikator pembelajaran 3 sebesar 61,11%, indikator pembelajaran 4 sebesar 59,37%, indikator pembelajaran 5 sebesar 56,94%. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa ditinjau dari aspek internal maupun eksternal. Faktor internal meliputi: Jasmaniah (sedang), inteligensi (Tinggi), minat (tinggi), motivasi (tinggi). Sedangkan aspek eksternal meliputi: metode mengajar guru (tinggi), orang tua (tinggi), materi pelajaran (tinggi), serta lingkungan sekolah (sedang).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 BIO 033
Keywords: Kesulitan belajar; Animalia; Pembelajaran biologi; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:14
Last Modified: 07 Jun 2022 03:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45988

Actions (login required)

View Item
View Item