MALAU, ANNE MIRANDA (2021) PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SIPAHUTAR TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7172141008 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 7172141008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
3. NIM 7172141008 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
4. NIM 7172141008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. NIM 7172141008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
6. NIM 7172141008 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
7. NIM 7172141008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7172141008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
12. NIM 7172141008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
13. NIM 7172141008 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sipahutar T.A. 2020/2021.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sipahutar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sipahutar, dengan populasi sebanyak 143 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 104 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan secara parsial uji-t (thitung > ttabel), pengaruh kecerdasan spiritual =4,818 > 2,364, kecerdasan emosional = 5,463 > 2,364, dan kecerdasan intelektual = 4,548 > 2,364; serta secara simultan Fhitung > Ftabel (41,008 > 2,69) dengan taraf signifikasni 0,000 < 0,005. Besarnya kontribusi variabel independent terhadap dependen ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi sebesar 55,2% sedangkan 44,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Model persamaan regresinya adalah Y = 39,311 + 0,293 X1 + 0,315 X2 + 0,260 X3.
Kesimpulannya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Intelektual terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sipahutar Tahun Ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 05:54 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 05:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45980 |