Perangin-angin, Grasela (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA PADA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS XI MIA DI SMA SWASTA KEMALA BHAYANGKARI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163341028 COVER.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
2. NIM. 4163341028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
3. NIM. 4163341028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM. 4163341028 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 4163341028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
9. NIM. 4163341028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
13. NIM. 4163341028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
14. NIM. 4163341028 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor tingkat kesulitan belajar dari hasil belajar siswa pada materi sistem gerak pada manusia. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelasi XI MIA di SMA Swasta Kemala Bhayangkari yang berjumlah 3 kelas dengan jumlah siswa adalah 101 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 101 siswa dengan menggunakan metode total sampling. Desain dari penelitian ini adalah deskriptif dengan menggambarkan hasil analisis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen angket dan tes. Angket pada penelitian ini berjumlah 15 pernyataan dengan 8 pernyataan untuk aspek internal siswa dan 7 pernyataan untuk aspek eksternal siswa. Sedangkan tes pada penelitian ini berjumlah 30 pertanyaan yang sudah di validasi oleh validator. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya tingkat kesulitan belajar pada materi sistem gerak pada manusia dengan hasil tertinggi tingkat kesukaran dalam menjawab tes yang di berikan sebesar 65.84 % pada aspek kognitif C6 sedangkan faktor penyebab adanya kesulitan belajar pada materi sistem gerak pada manusia adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang menunjukkan adanya kesulitan belajar yang tinggi adalah pada minat, inteligensi dan motivasi siswa di kelas IX MIA sedangkan untuk faktor eksternal adalah guru di SMA Swasta Kemala Bhayangkari 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 021 |
Keywords: | Kesulitan belajar; Pembelajaran daring; Sistem gerak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 04:08 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45978 |