Batubara, Robby Relegian Parlaungan (2021) METASINTESIS PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141111043 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 4141111043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
3. NIM. 4141111043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4. NIM. 4141111043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM. 4141111043 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
9. NIM. 4141111043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
13. NIM. 4141111043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM. 4141111043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil sintesis pengembangan perangkat pembelajaran berdasarkan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metasintesis dalam mensintesis data-data penelitian yang diambil sesuai dengan pokok permasalahan yang diangkat. . Beberapa model pengembangan yang digunakan dalam perangkat pembelajaran pada sumber penelitian ini yaitu model 4D, model ADDIE dan model Gall and Borg. Berdasarkan hasil penelitian terhadap artikel-artikel tentang penelitian pengembangan perangkat pembelajaran berdasarkan model PBL untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan banyaknya perbedaan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran diperoleh bahwa pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang didapatkan dari hasil pengembangan perangkat pembelajaran berdasarkan model PBL ini sangat bervariatif. Selain itu hasil analisis yang dilakukan terhadap artikel yang disintesis dimana semua perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis didapatkan hasilnya efektif dengan kategori baik dan sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 074 |
Keywords: | Metasintesis; Komunikasi matematis; Problem based learning; Perangkat pembelajaran; Bahan ajar; Lembar kerja peserta didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 08:26 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 08:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45974 |