Anggraini, Nissa Zul (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII MTs YP. NURUL IMAN TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173111055 COVER.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
2. NIM 4173111055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
3. NIM 4173111055 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
4. NIM 4173111055 PREFACE.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
5. NIM 4173111055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
9. NIM 4173111055 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
13. NIM 4173111055 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
14. NIM 4173111055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
Abstract
Instrumen tes yang diberikan guru kepada siswa belum menuntut kemampuan penalaran matematis siswa, padahal siswa harus terbiasa dengan soal yang menuntut kemampuan penalaran agar mampu bersaing dengan negara lain dalam penilaian TIMSS dan PISA. Tujuan umum penelitian ini adalah mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa, sedangkan tujuan khusus penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda produk instrumen tes kemampuan penalaran pada materi bilangan pecahan, dan deret di kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan yang menggunakan tipe ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan 4 soal yang dinyatakan valid, hal ini didasarkan pada perolehan skor rata-rata penilaian instrumen tes oleh ahli sebesar 94,3% dengan katagori sangat valid dan validitas setiap butir tes dinyatakan “valid” karena thitung ≥ttabel. Reliabilitas instrumen tes setiap paket soal dinyatakan reliabel dengan perolehan nilai 0,90 dengan kategori sangat tinggi. Pada analisis tingkat kesukaran dapat diketahui berada pada kategori mudah dan sedang. Pada analisis daya pembeda dapat diketahui berada pada kategori sangat baik. Hasil kemampuan penalaran matematis siswa pada kategori tinggi sebesar 23,33%, kategori cukup sebesar 23,33%, kategori kurang sebesar 13,33%, dan kategori sangat kurang sebesar 40%. Rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa adalah 52,91% dengan kategori kurang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 078 |
Keywords: | Instrumen tes; Pecahan; Penalaran matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 03:47 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45966 |