Situmorang, Mega M (2021) PENGARUH PENERAPAN MEDIA ANIMASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM . 4173311069 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM . 4173311069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
3. NIM . 4173311069 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM . 4173311069 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5. NIM . 4173311069 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
9. NIM . 4173311069 BAB I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
13. NIM . 4173311069 BAB V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
14. NIM . 4173311069 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan media animasi terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Medan. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Medan, sampel teknik penelitian ini menggunakan teknik random sampling, sampel yang diambil dalam penelitian ini siswa kelas VIII sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen sebanyak 30 siswa yang diatur dengan menggunakan media animasi dengan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas kontrol sebanyak 30 siswa yang diajari dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari soal tes (kemampuan koneksi). Berdasarkan hasil pengolahan data,pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan media animasi setelah diberikan tes kemampuan koneksi diperoleh nilai rata-rata 70,17 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 56,87 maka lebih tinggi nilai rata-rata menggunakan media animasi model Problem Based Learning (PBL). Dari hasil uji hipotesis dengan uji t dengan dk=60 dan ∝ = 0,05 maka diperoleh
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 044 |
Keywords: | Koneksi matematika; Animasi; Problem based learning; Media pembelajaran; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 06:19 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 06:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45960 |