Samosir, Marietta Carolina (2021) PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP GAJAH MADA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173111043 COVER.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
2. NIM 4173111043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
3. NIM 4173111043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
4. NIM 4173111043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
5. NIM 4173111043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
9. NIM 4173111043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (866kB) | Preview
13. NIM 4173111043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
14. NIM 4173111043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar interaktif berupa buku digital berbasis pendekatan saintifik yang valid, praktis, dan efektif, sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi layang-layang dan trapesium. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi angket, lembar validasi RPP, lembar validasi buku digital, lembar validasi instrumen tes, tes kemampuan pemecahan masalah matematis, serta angket respon guru dan siswa terhadap buku digital. Setelah seluruh instrumen, RPP, dan buku digital dinyatakan valid oleh validator, kemudian dilakukan uji keterbacaan dan uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) buku digital berbasis pendekatan saintifik yang dikenbangkan telah memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian validator dengan rata-rata validitas buku digital untuk materi adalah 3,20 dan 3,758 untuk media dengan kategori sangat layak; (2) buku digital berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan melalui: a) hasil angket respon siswa terhadap buku digital menunjukkan persentase kepraktisan 81,85% dengan kategori sangat praktis, b) hasil angket respon guru terhadap buku digital menunjukkan persentase kepraktisan 91,68% dengan kategori sangat praktis; (3) buku digital berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif dengan: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 90,9%, b) lebih dari 65% siswa telah mencapai 75% tujuan pembelajaran untuk setiap indikator, c) meningkatnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah menggunakan buku digital yang dilihat melalui peningkatan dari tiap indikatornya dan hasil analisis N-Gain yang menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan sebesar 0,737 artinya dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 035 |
Keywords: | Buku digital; Pendekatan saintifik; Pemecahan masalah matematis; Layang-layang; Trapesium |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 06:22 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 06:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45957 |