ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X MIA SMA NEGERI 3 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Barus, Andreo Genesias (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X MIA SMA NEGERI 3 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173141002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173141002 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173141002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173141002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173141002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173141002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173141002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173141002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173141002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173141002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4173141002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4173141002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 4173141002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 4173141002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173141002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173141002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Perubahan Lingkungan dan menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa pada setiap indikator kemampuan berpikir kritis di kelas X MIA SMA Negeri 3 Binjai Tahun Pembelajaran 2020/2021. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian diambil secara Random Sampling yang berjumlah 72 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis Cornell bentuk X yang dikemukakan oleh Ennis dan dikembangkan sendiri oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan paling banyak berada pada kriteria rendah, disusul dengan kategori sedang, selanjutnya kriteria sangat rendah dan hanya 3 siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis pada kriteria tinggi. Secara keseluruhan kemampuan berpikir kritis siswa berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 54,72.Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis dari yang tertinggi sampai yang terendah terdapat pada indikator Memberikan penjelasan dasar (Sedang) dengan nilai rata-rata sebesar 65,09, Membangun keterampilan dasar (Sedang) sebesar 64,90, Menarik Kesimpulan (Rendah) dengan nilai rata-rata sebesar 58,05, Memberikan penjelasan lebih lanjut (Rendah) sebesar 57,96, serta Strategi dan Taktik (Sangat Rendah) sebesar 38,42.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 BIO 027
Keywords: Perubahan lingkungan; Pencemaran; Berpikir kritis; Pembelajaran biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 Jun 2022 07:18
Last Modified: 03 Jun 2022 07:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45947

Actions (login required)

View Item
View Item