ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL DALAM PEMBELAJARAN DARING DI KELAS XI MIA SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN T.P 2021/2022

Siahaan, Manuel (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL DALAM PEMBELAJARAN DARING DI KELAS XI MIA SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN T.P 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4172141025 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4172141025 COVER.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4172141025 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4172141025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4172141025 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4172141025 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4172141025 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4172141025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4172141025 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4172141025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4172141025 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4172141025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4172141025 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4172141025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4172141025 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4172141025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa pada materi sel dan faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan. Sampel penelitian yang digunakan merupakan seluruh siswa yang termasuk dalam penelitian (total sampling) yaitu sebanyak 44 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes diagnostik berupa tes pilihan berganda dan angket tertutup. Data dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat persentase kesulitan belajar siswa pada materi sel ditinjau dari aspek kognitif pada C1 (26,82%) dengan kategori sedang, C2 (38,64%), C3 (44,32%), dan C6 (44,32%) dengan kategori tinggi, serta C4 (51,95%) dan C5 (56,82%) dengan kategori sangat tinggi. Persentase kesulitan belajar pada aspek indikator pembelajaran yang termasuk dalam kategori sedang yakni; menjelaskan komponen kimia penyusun sel (33,33%) dan mengetahui persamaan sel hewan dan sel tumbuhan (25%). Yang termasuk dalam kategori tinggi yakni; mengetahui struktur sel (49,43%), mengetahui bagian-bagian sel (41,47%), mengetahui fungsi bagian-bagian sel (48,86%), menganalisis mekanisme transport pasif difusi (44,31%), menganalisis mekanisme transport pasif osmosis (47,72%), dan menjelaskan diagram transport aktif (44,31%). Yang termasuk dalam kategori sangat tinggi ialah menjelaskan sejarah dan teori sel (52,27%) dan mengetahui perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan (63,63%). Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa yaitu minat (68,20)%, rasa percaya diri (67,62%), guru (75,34%), fasilitas (70,96%), serta keluarga (69,35%) termasuk dalam kategori cukup menghambat, motivasi (62,33) dan kegiatan lain (61,32) termasuk dalam kategori menghambat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 BIO 030
Keywords: Kesulitan belajar; Sel; Pembelajaran daring; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH573 Cytology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 Jun 2022 04:50
Last Modified: 03 Jun 2022 04:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45945

Actions (login required)

View Item
View Item