Siahaan, Manuel (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL DALAM PEMBELAJARAN DARING DI KELAS XI MIA SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN T.P 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4172141025 COVER.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
2. NIM 4172141025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. NIM 4172141025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4. NIM 4172141025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5. NIM 4172141025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
9. NIM 4172141025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
13. NIM 4172141025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
14. NIM 4172141025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa pada materi sel dan faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan. Sampel penelitian yang digunakan merupakan seluruh siswa yang termasuk dalam penelitian (total sampling) yaitu sebanyak 44 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes diagnostik berupa tes pilihan berganda dan angket tertutup. Data dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat persentase kesulitan belajar siswa pada materi sel ditinjau dari aspek kognitif pada C1 (26,82%) dengan kategori sedang, C2 (38,64%), C3 (44,32%), dan C6 (44,32%) dengan kategori tinggi, serta C4 (51,95%) dan C5 (56,82%) dengan kategori sangat tinggi. Persentase kesulitan belajar pada aspek indikator pembelajaran yang termasuk dalam kategori sedang yakni; menjelaskan komponen kimia penyusun sel (33,33%) dan mengetahui persamaan sel hewan dan sel tumbuhan (25%). Yang termasuk dalam kategori tinggi yakni; mengetahui struktur sel (49,43%), mengetahui bagian-bagian sel (41,47%), mengetahui fungsi bagian-bagian sel (48,86%), menganalisis mekanisme transport pasif difusi (44,31%), menganalisis mekanisme transport pasif osmosis (47,72%), dan menjelaskan diagram transport aktif (44,31%). Yang termasuk dalam kategori sangat tinggi ialah menjelaskan sejarah dan teori sel (52,27%) dan mengetahui perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan (63,63%). Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa yaitu minat (68,20)%, rasa percaya diri (67,62%), guru (75,34%), fasilitas (70,96%), serta keluarga (69,35%) termasuk dalam kategori cukup menghambat, motivasi (62,33) dan kegiatan lain (61,32) termasuk dalam kategori menghambat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 030 |
Keywords: | Kesulitan belajar; Sel; Pembelajaran daring; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH573 Cytology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 04:50 |
Last Modified: | 03 Jun 2022 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45945 |