SAYFITRI, WIDYAWATI (2021) PENGARUH KETERLIBATAN SISWA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 7172142009 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. 7172142009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (679kB) | Preview
3. 7172142009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
4. 7172142009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
5. 7172142009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
6. 7172142009 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. 7172142009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. 7172142009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. 7172142009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
13. 7172142009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. 7172142009 BIBLIOGRHAPY.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya peranan siswa dalam pembelajaran sehingga guru tidak dapat menilai pemahaman konsep pembelajaran siswa dalam mata pelajaran akuntansi sesuia dengan kemampuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa berperannya Keterlibatan siswa terhadap pemahaman konsep akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021. Di SMK Negeri 1 Medan.
Jenis penelitian ini adalah expost facto. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan teknik menggunakan rumus Slovin dengan persisi 10 %. Sehingga populasi penelitian ini aebanyak 144 siswa dengan sampel 59 orang. Teknik Pengumpulan data dalam penilitian ini mengguanakan wawancara dan kuisioner dengan menggunakan kuisioner tertutup. Sebelum kuisioner digunakan dalam penelitian kuisioner tersebut diuji terlebih dahulu untuk melihat validitas dan reliabilitas kuisioner. Setelah data terkumpul maka dilakukan uji asumsi klasik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS Versi 22.
Dari hasil analisis data diketahui semua uji asumsi klasik mempengaruhi sehingga pengujian hipotesis dapat dilakukan. Dari hasil analisis regresi sederhana dengan taraf signifikan 5% untuk variabel X dan Y diketahui nilai signifikansi sebesar ,000. Sedangkan nilai t-tabel = (α /2;n-k)= (0,05/2;59-1)= (0,25;58) adalah sebesar 2,002 pada taraf signifikansi 95%. Maka dari hasil tersebut nilai t-hitung > t-tabel ( 7,469 > 2,002) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Keterlibatan siswa (X) terhadap pemahaman konsep akuntansi (Y) sebesar 49,5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keterlibatan Siswa, Pemahaman Konsep Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 01:25 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 01:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45944 |