SIAGIAN, MIKE ANGGRIANI (2021) PENGARUH KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN RETENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 MEDAN T.A. 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7173342030 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 7173342030 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 7173342030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
4. NIM 7173342030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
5. NIM 7173342030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. NIM 7173342030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
7. NIM 7173342030 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM 7173342030 APPENDIES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM 7173342030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
13. NIM 7173342030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
14. NIM 7173342030 BILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar akuntansi di SMK Negeri 1 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh kemampuan metakognisi terhadap prestasi belajar akuntansi ; (2) pengaruh retensi belajar terhadap hasil belajar komputer akuntansi; (3) pengaruh kemampuan metakognisi dan retensi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini di lakukan di SMK 1 yaitu SMK Negeri 1 Medan T.A 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Medan yang berjumlah 139 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel jenis probality sampling menghasilkan 103 orang siswa sebagai sampel. Teknik pengambilan data menggunakan angket (kuesioner) dengan dokumentasi dalam memperoleh prestasi belajar. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan realibilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbach. . Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan metakognisi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai thitung > ttabel. ( 3,551 > 1,983) dan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05; (2) retensi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai thitung > ttabel. (2,274 > 1,983) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,025; (3) secara simultan, kemampuan metakognisi dan retensi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai Fhitung > Ftabel (10,128 > 3,08) dan nilai signifikan (0,000 < 0,05). Hasil uji koefisien determinasi ( R2) sebesar 0,152 atau 15,2% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitin ini. Persamaan regresi linear berganda yang dihasilkan adalah Y = 71,539 + 0,057 X1 + 0,102 X2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Metakognisi , Retensi Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi. |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 02 Jun 2022 05:04 |
Last Modified: | 02 Jun 2022 05:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45938 |