Sihombing, Hanna Novita (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN BREAKOUT ROOMS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173111030 COVER.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
2. NIM 4173111030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
3. NIM 4173111030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
4. NIM 4173111030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM 4173111030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
9. NIM 4173111030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
13. NIM 4173111030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
14. NIM 4173111030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan breakout rooms terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini termasuk dalam kategori eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Sultan Iskandar Muda Medan T.A 2021/2022 dengan sampel kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-3 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan metode random sampling. Pada kelas eksprimen diberikan pengajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui breakout rooms, sedangkan pada kelas kontrol diberikan pengajaran dengan model pembelajaran langsung. Instrumen tes yang digunakan berupa soal uraian berjumlah 3 soal kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah dinyatakan valid. Berdasarkan data postest, kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 90.12 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 76.08. Melalui analisis uji statistik data terbukti berdistribusi normal dan homogen sehingga dilakukan uji hipotesis yaitu uji t satu pihak yang menunjukkan t_hitung>t_tabel (6.9781>1.667) pada taraf nyata α=0.05. Dengan demikian H_o ditolak dan H_a diterima, artinya terdapat pengaruh pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan breakout rooms terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI SMA Sultan Iskandar Muda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 065 |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Breakout rooms; Pemecahan masalah matematis; Masalah matematika; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 May 2022 07:36 |
Last Modified: | 31 May 2022 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45925 |