Maysarah, Siti (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN KEMAMPUAN KREATIVITAS MATEMATIK SISWA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MS. EXCEL. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136172077 Cover.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2. 8136172077 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (991kB) | Preview
3. 8136172077 Abstrak.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4. 8136172077 Kata pengantar.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
5. 8136172077 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
6. 8136172077 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
7. 8136172077 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
8. 8136172077 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
9. 8136172077 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8136172077 Bab V.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
11. 8136172077 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah peningkatan
kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh model Project Based
Learning berbantuan Ms.Excel lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematik
siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. (2) Apakah peningkatan kemampuan
kreativitas matematik siswa yang memperoleh model Project Based Learning berbantuan
Ms.Excel lebih tinggi daripada kemampuan kreativitas matematik siswa yang
memperoleh pembelajaran biasa. (3) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran
dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan
komunikasi matematik siswa. (4) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan
kemampuan awal matematik siswa terhadap peningkatan kemampuan kreativitas
matematik siswa. (5) Bagaimana proses penyelesaian jawaban siswa terkait dengan
permasalahan kemampuan komunikasi matematik dan kemampuan kreativitas matematik
pada pembelajaran yang menggunakan model Project Based Learning berbantuan
Ms.Excel dan pembelajaran biasa.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa SMA Asy-Syafi’iyah Internasional Medan. Kemudian dipilihlah
kelas XI-IA A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IA B sebagai kelas kontrol dengan
teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Kelas eksperimen diberi
perlakuan pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning berbantuan
Ms.Excel dan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri
dari: tes kemampuan komunikasi matematik dan tes kemampuan kreativitas matematik.
Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan
analisis inferensial. Analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan persentase
pencapaian skor siswa pada pembelajaran dengan menggunakan model Project Based
Learning berbantuan Ms.Excel dan Pembelajaran Biasa. Analisis inferensial data
dilakukan dengan ANAVA 2 Jalur.
Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1)
Peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh model Project
Based Learning berbantuan Ms.Excel lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi
matematik siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. (2) Peningkatan kemampuan
kreativitas matematik siswa yang memperoleh model Project Based Learning berbantuan
Ms.Excel lebih tinggi daripada kemampuan kreativitas matematik siswa yang
memperoleh pembelajaran biasa. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan
kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa.
(4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika
siswa terhadap peningkatan kemampuan kreativitas matematik siswa. (5) Proses
penyelesaian jawaban yang dibuat oleh siswa ketika menjawab permasalahan kemampuan
komunikasi matematik dan kemampuan kreativitas matematik lebih baik daripada siswa
yang menggunakan Pembelajaran Biasa.
Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan: Model Project Based
Learning berbantuan Ms.Excel dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan
komunikasi matematik dan kemampuan kreativitas matematik siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 mAY P |
Keywords: | Model Project Based Learning, Ms.Excel, Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemampuan Kreativitas Matematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 07 Jun 2016 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4588 |