HUTAGAOL, ANJELIN DEMAK (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA AKUNTANSI KELAS XI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7173142004 COVER.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
2. NIM 7173142004 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (677kB) | Preview
3. NIM 7173142004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
4. NIM 7173142004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
5. NIM 7173142004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
6. NIM 7173142004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
7. NIM 7173142004 TABLES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NIM 7173142004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
9. NIM 7173142004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
13. NIM 7173142004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
14. NIM 7173142004 BILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa akuntansi Kelas XI SMK Negeri 1 Meadan Tahun Ajaran 2020/2021, 2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Kelas XI SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2020/2021, 3) Pengaruh Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Akuntansi Kelas XI SMK Negeri 1 Meadan Tahun Ajaran 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK N 1 Medan yang berjumlah 140 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel jenis simple random sampling menghasilkan 103 orang siswa sebagai sampel. Teknik pengambilan data menggunakan angket (kuesioner) dengan dokumentasi dalam memperoleh prestasi belajar. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan realibilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbach. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemandirian belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung > ttabel. ( 5,097 > 1,98397) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; (2) motivasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung > ttabel. (4,561 > 1,98397) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; (3) secara simultan, kemandirian belajar dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai Fhitung > Ftabel (186,492 >3,09) dan nilai signifikan (0,000 < 0,05). Hasil uji koefisien determinasi ( R2) sebesar 0,784 atau 78,4% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitin ini. Persamaan regresi linear berganda yang dihasilkan adalah Y = 34,669 + 0,319 X1 + 0,304 X2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 01 Apr 2022 02:42 |
Last Modified: | 01 Apr 2022 02:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45793 |