Sapriyani, Endang (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMK SWASTA PANCA BUDI 2 MEDAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106172003 Cover.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. 8106172003 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (688kB) | Preview
3. 8106172003 Abstrak.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4. 8106172003 Kata Pengatar.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. 8106172003 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. 8106172003 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
7. 8106172003 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. 8106172003 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
9. 8106172003 Bab I.pdf - Published Version
Download (681kB) | Preview
10. 8106172003 Bab V.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
11. 8106172003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMK Swasta Panca Budi-2 Medan yang diberi model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pembelajaran Biasa. (2) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa SMK Swasta Panca Budi-2 Medan yang diberi model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pembelajaran Biasa.(3) Interaksi antara kemampuan awal matematis siswa dengan model pembelajaran terhadap kemampuan Berpikir Kreatif matematis siswa(4) Interaksi antara kemampuan awal matematis siswa dengan model pembelajaran terhadap kemampuan Representasi matematis siswa. (4) Proses penyelesaian masalah kemampuan berfikir kreatif dan Representasi matematis siswa melalui pembelajaran Berbasis Masalah.Jenis Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen di SMK Swasta Panca Budi-2 Medan. Pemilihan sampel yang dijadikan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan secara random. Sampel diambil dua kelas secara acak. Kelas eksperimen memperoleh Pembelajaran Berbasis masalah, dan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan Berpikir Kreatif dan Representasi Matematis. Reliabilitas untuk kemampuan Berpikir Kreatif dan Representasi Matematis adalah 0,702 dan 0,728.Data dalam penelitian ini dianalisis dengan Anova untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan representasi matematis siswa melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah. Uji Anova untuk mengetahui interaksi kemampuan awal siswa dengan model pembelajaran yang digunakan. Dan analisis deskriptif untuk melihat proses penyelesaian masalah kemampuan berfikir kreatif dan representasi matematis siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, peningkatan kemampuan berfikir kreatif matematis pada kelas eksperimen adalah 0,702 dengan kategori tinggi dan pada kelas kontrol 0,512 dengan kategori sedang. (2) Peningkatan kemampuan representasi matematis yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, peningkatan kemampuan representasi matematis pada kelas eksperimen adalah 0,728 dengan kategori tinggi dan pada kelas kontrol 0,542 dengan kategori sedang. (3) Tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dengan model pembelajaran terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis siswa.(4) Tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dengan model pembelajaran terhadap kemampuan representasi matematis siswa. (5) Proses pemecahan masalah kemampuan berfikir kreatif dan representasi matematis siswa lebih baik dari pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sap p |
Keywords: | Peningkatan;Kemampuan Berfikir Kreatif;PBM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 Jun 2016 04:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4574 |