Sari, Dianna (2015) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DI SMP NEGERI 1 SIPIROK. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136171017 Cover.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. 8136171017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (596kB) | Preview
3. 8136171017 Abstrak.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4. 8136171017 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. 8136171017 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. 8136171017 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
7. 8136171017 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. 8136171017 Bab I.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
9. 8136171017 Bab V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
10. 8136171017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) peningkatan pemahaman konsep matematik dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan problem solving dan pembelajaran biasa, (2) interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap pemahaman konsep matematik dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sipirok. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sipirok, sedangkan sampelnya terdiri 32 siswa pada kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa pada kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematik, angket kemandirian belajar siswa. Pengujian hipotesis statistik dalam penelitian ini menggunakan uji-t dan uji ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan pemahaman konsep matematik dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan problem solving lebih tinggi daripada pembelajaran biasa. Hasil rerata peningkatan pemahaman konsep matematika yang diberi pembelajaran dengan pendekatan problem solving dan pembelajaran biasa masing-masing sebesar 0,66 dan 0,55, dan rerata peningkatan kemandirian belajar siswa masing-masing sebesar 0,20 dan 0,11. (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap pemahaman konsep matematik dan kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sar p |
Keywords: | Pemahaman Konsep Matematik; Kemandirian Belajar Siswa; Pendekatan Problem Solving |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 Jun 2016 05:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4573 |