Ritonga, Sehat Matua (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMP NEGERI 28 MEDAN MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN STRATEGI REACT. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126172034 Cover.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. 8126172034 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
3. 8126172034 Abstrak.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4. 8126172034 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
5. 8126172034 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
6. 8126172034 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. 8126172034 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
8. 8126172034 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9. 8126172034 Bab I.pdf - Published Version
Download (611kB) | Preview
10. 8126172034 Bab V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
11. 8126172034 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menelaah: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik antara siswa yang diberi model pembelajaran inkuiri dengan strategi REACT dengan siswa yang diberi model pembelajaran biasa; (2) peningkatan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang diberi model pembelajaran inkuiri dengan strategi REACT dengan siswa yang diberi model pembelajaran biasa; (3) interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik; (4) interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik; (5) proses penyelesaian masalah yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah mengenai kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik siswa pada model pembelajaran inkuiri dengan strategi REACT dan model pembelajaran biasa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 28 Medan dengan sampel 60 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen semu dengan pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII (delapan) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan tes kemampuan komunikasi matematik. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi dan koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dalam penelitian dan normalitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh model pembelajaran inkuiri dengan strategi REACT lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (2) peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh model pembelajaran inkuiri dengan strategi REACT lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik; (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan komunikasi matematik; (5) Proses penyelasaian masalah yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah pada model pembelajaran inkuiri dengan strategi REACT lebih baik daripada model pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar model pembelajaran inkuiri dengan strategi REACT dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Rit p |
Keywords: | Pembelajaran inkuiri dengan strategi REACT, Kemampuan pemecahan masalah matematik, Kemampuan Komunikasi Matematik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 Jun 2016 01:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4572 |