Sinaga, Christa Voni Roulina (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 GUNUNG MALELA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136172014 Cover.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. 8136172014 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. 8136172014 Abstrak.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4. 8136172014 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
5. 8136172014 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. 8136172014 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. 8136172014 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
8. 8136172014 Bab I.pdf - Published Version
Download (615kB) | Preview
9. 8136172014 Bab V.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
10. 8136172014 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran berbasis masalah; (2) mendeskripsikan aktivitas aktif siswa selama proses pembelajaran dalam pembelajaran berbasis masalah dan (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap komponen dalam proses pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N 1 Gunung Malela, dan sampelnya dipilih secara acak yaitu VII-3 dan VII-4 yang masing- masing berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes komunikasi matematik siswa yang berbentuk uraian. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validasi serta memiliki koefisien realibilitas pre-tes dan pos-tes 0,81 dan 0,62. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat ketercapaian kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran berbasis masalah yaitu secara klasikal sebesar 87,50% sedangkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada ujicoba I yaitu 2,73 meningkat menjadi 3,05 pada ujicoba II. Aspek kemampuan komunikasi matematis yang paling tinggi peningkatannya adalah pada aspek menggambar; (2) aktivitas aktif siswa selama proses pembelajaran dalam pembelajaran berbasis masalah sudah berada pada kriteria batasan keefektifan pembelajaran; dan (3) respon siswa terhadap komponen dalam proses pembelajaran berbasis masalah sudah menunjukkan respon yang positip.Peneliti menyarankan agar pembelajaran berbasis masalah menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sin p |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah; Kemampuan Komunikasi Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 Jun 2016 01:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4571 |