PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI IPA SMP

Wijaya, Wijayanti (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI IPA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.  NIM 4173351024 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173351024 COVER.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173351024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173351024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173351024 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173351024 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173351024 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173351024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173351024 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173351024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173351024 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173351024 BAB I.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173351024 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173351024 BAB V.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173351024 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173351024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Badar yang terdiri dari 3 kelas pada semester genap T.A. 2020/2021. Sampel penelitian menggunakan teknik random sampling terdiri dari dua kelas yaitu VIII-C sebagai kelas eksperimen dan VIII-B sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 29 siswa dan 30 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes pilihan berganda yang terdiri dari 20 soal dengan 4 pilihan jawaban untuk mengukur pemahaman konsep dan tes esai yang terdiri dari 8 soal untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah. Hipotesis penelitian ini dilakukan dengan uji manova dengan syarat normal dan homogen. Hasil analisis pretes uji manova diperoleh pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah siswa memiliki sig. 0,160 > 0,05 artinya pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah awal siswa sama. Hasil analisis postes uji manova diperoleh pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah siswa memiliki sig. 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh dari model PBL terhadap pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Hasil N-gain menunjukkan peningkatan pemahaman konsep kelas eksperimen sebesar 0,37 berada pada kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,15 berada pada kategori rendah. Hasil N-gain peningkatan keterampilan pemecahan masalah diperoleh kelas eksperimen sebesar 0,55 berada pada kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,29 berada pada kategori rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 IPA 127
Keywords: problem based learning; Pemahaman konsep; Keterampilan pemecahan masalah; Multirepresentasi; Tekanan zat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Mar 2022 08:18
Last Modified: 08 Mar 2022 08:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45672

Actions (login required)

View Item
View Item