Wijaya, Wijayanti (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI IPA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173351024 COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
2. NIM 4173351024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
3. NIM 4173351024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
4. NIM 4173351024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
5. NIM 4173351024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
9. NIM 4173351024 BAB I.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
13. NIM 4173351024 BAB V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
14. NIM 4173351024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Badar yang terdiri dari 3 kelas pada semester genap T.A. 2020/2021. Sampel penelitian menggunakan teknik random sampling terdiri dari dua kelas yaitu VIII-C sebagai kelas eksperimen dan VIII-B sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 29 siswa dan 30 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes pilihan berganda yang terdiri dari 20 soal dengan 4 pilihan jawaban untuk mengukur pemahaman konsep dan tes esai yang terdiri dari 8 soal untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah. Hipotesis penelitian ini dilakukan dengan uji manova dengan syarat normal dan homogen. Hasil analisis pretes uji manova diperoleh pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah siswa memiliki sig. 0,160 > 0,05 artinya pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah awal siswa sama. Hasil analisis postes uji manova diperoleh pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah siswa memiliki sig. 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh dari model PBL terhadap pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Hasil N-gain menunjukkan peningkatan pemahaman konsep kelas eksperimen sebesar 0,37 berada pada kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,15 berada pada kategori rendah. Hasil N-gain peningkatan keterampilan pemecahan masalah diperoleh kelas eksperimen sebesar 0,55 berada pada kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,29 berada pada kategori rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 IPA 127 |
Keywords: | problem based learning; Pemahaman konsep; Keterampilan pemecahan masalah; Multirepresentasi; Tekanan zat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Mar 2022 08:18 |
Last Modified: | 08 Mar 2022 08:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45672 |