Sibuea, Mustika Fitri Larasati (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMK TAMANSISWA SUKADAMAI KABUPATEN ASAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136171036 Cover.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
2. 8136171036 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (825kB) | Preview
3. 8136171036 Abstrak.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. 8136171036 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. 8136171036 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. 8136171036 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. 8136171036 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. 8136171036 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9. 8136171036 Bab I.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
10. 8136171036 Bab V.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
11. 8136171036 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran biasa, (2) interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Tamansiswa Sukadamai Kabupaten Asahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa SMK Tamansiswa Sukadamai, sedangkan sampelnya terdiri dari 32 siswa pada kelas X Akuntansi sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas X RPL sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan angket disposisi matematis siswa. Pengujian hipotesis statistik dalam penelitian ini menggunakan uji ANAVA dua jalur pada program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Hasil rerata peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang diberi pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran biasa masing-masing sebesar 0,52 dan 0,45, dan rerata peningkatan disposisi matematis siswa masing-masing sebesar 0,443 dan 0,417. (2) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sib p |
Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematis; Disposisi Matematis; Kemampuan Awal Matematika; Pembelajaran Berbasis Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 Jun 2016 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4567 |