PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMA N 1 AIR BATU MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUTOGRAPH

Nurchaidah (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMA N 1 AIR BATU MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUTOGRAPH. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8106172013 COVER .pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8106172013 COVER .pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8106172013 APPROVAL SHEET .pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8106172013 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version

Download (814kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM. 8106172013 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3.NIM. 8106172013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8106172013 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8106172013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8106172013 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8106172013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8106172013 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8106172013 TABLES.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8106172013 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8106172013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8106172013 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8106172013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8106172013 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8106172013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8106172013 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8106172013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8106172013 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8106172013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian eksperimen semu ini untuk menyelidiki apakah terdapat perbedaan: (1) peningkatan kemampuan penalaran matematik antara siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah menggunakan media Autograph dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori, (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik antara siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah menggunakan media Autograph dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori. Selain itu juga untuk melihat bagaimana aktivitas siswa selama proses pembelajaran berbasis masalah menggunakan media Autograph. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Airbatu dengan sampel sebanyak 60 siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematik yang berbentuk uraian. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi dan koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji t. Sebelum digunakan uji t terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain tes kemampuan penalaran matematik kelas eksperimen adalah 0,71 dan kelas kontrol adalah 0,47 dengan nilai sig = 0,000 dengan 0,000 < α = 0,05 maka peningkatan kemampuan penalaran matematik siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sedangkan rata-rata N-Gain tes kemampuan pemecahan masalah matematik kelas eksperimen adalah 0,55 dan kelas kontrol 0,35 dengan nilai sig = 0,000 dengan 0 < α = 0,05 maka peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh yaitu : (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematik antara siswa yang memperoleh PBM menggunakan media Autograph dengan siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, (2) adanya peningkatan aktivitas siswa selama empat kali proses pembelajaran melalui PBM menggunakan Autograph dilaksanakan. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar pembelajaran berbasis masalah menggunakan Autograph dapat digunakan bagi guru untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematik siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Nur p
Keywords: Peningkatan, kemampuan penalaran matematik, dengan PBL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 27 Sep 2016 03:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4566

Actions (login required)

View Item
View Item