Purba, Azrina (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI PERBANDINGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126172007 Cover.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. 8126172007 LembarPengesahan.pdf - Published Version
Download (846kB) | Preview
3. 8126172007 Abstrak.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4. 8126172007 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. 8126172007 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. 8126172007 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. 8126172007 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. 8126172007 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. 8126172007 Bab I.pdf - Published Version
Download (861kB) | Preview
10. 8126172007 Bab V.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
11. 8126172007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang
berkualitas. Untuk mencapai itu, maka model pengembangan yang digunakan
dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D yang dikemukakan
Thiagarajan, Semmel and Semmel (1974) yang terdiri dari tahap Define, tahap
Design, tahap Develop dan tahap Disseminate. Sedangkan untuk kualitas
perangkat pembelajaran menggunakan kriteria yang dikemukakan oleh Nieveen
(2007) terdiri dari Relevance, Consistency, Practically dan Efectivenes. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 54 Kerasaan dan
objek penelitian ini adalah perangkat pembelajaran matematik materi
perbandingan dengan menggunakan pembelajaran kontekstual. Perangkat
pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP, Buku Petunjuk Guru, Buku
Siswa, LAS. Instrumen yang digunakan terdiri dari Lembar validasi perangkat
pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan
guru mengelola pembelajaran, angket respon siswa dan tes kemampuan
pemecahan masalah matematik siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 83,33%; (2) kadar aktivitas
siswa selama proses pembelajaran berlangsung berada pada kriteria batas
toleransi waktu ideal; (3) Tingkat kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran kontekstual sudah baik, karena rata-ratanya telah mencapai kriteria
minimal; (4) Respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat dan proses
pembelajaran sudah positif pada ujicoba I dan ujicoba II; (5) Kemampuan
pemecahan masalah matematik siswa mengalami peningkatan dengan nilai ratarata
1,457 pada pretes dan 3,103 pada postes. Rataan peningkatan (N-Gain)
termasuk dalam kategori sedang dengan rata-rata 0,652. Peneliti menyarankan
agar pembelajaran kontekstual menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Pur p |
Keywords: | Perangkat Pembelajaran; Pembelajaran Kontekstual; Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 Jun 2016 06:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4559 |