Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Metakognisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK Kesehatan Haji Sumut

Purba, Asmanto (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Metakognisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK Kesehatan Haji Sumut. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8214071015 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8214071015 COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8214071015 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8214071015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (856kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8214071015 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8214071015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8214071015 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8214071015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8214071015 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8214071015 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8214071015 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8214071015 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8214071015 LIST OF FIGURE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8214071015 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8214071015 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8214071015 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8214071015 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8214071015 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (913kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8214071015 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8214071015 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8214071015 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8214071015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi yang dikembangkan. 2) Mendeskripsikan kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi yang dikembangkan. 3) Mendeskripsikan efektivitas perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi yang dikembangkan. 4) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid dengan nilai rata-rata total validitas RPP sebesar 4,30; buku petunjuk guru sebesar 4,42; buku siswa sebesar 4,42; LAS sebesar 4,40; butir soal tes kemampuan pemecahan masalah matematik juga telah berada pada kategori valid. 2) Perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi telah memenuhi persyaratan kepraktisan. 3) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi telah memenuhi kriteria efektif. 4) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi pada materi program linear yaitu: a) rata-rata pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada ujicoba I sebesar 75 % meningkat menjadi 85,71% pada ujcoba II, b) rata-rata setiap indikator kemampuan pemecahan masalah matematik siswa menunjukkan peningkatan dari ujicoba I ke ujicoba II.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Pur p
Keywords: perangkat pembelajaran; pembelajaran berbasis masalah; pendekatan metakognisi; kemampuan pemecahan masalah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 23 Feb 2022 04:12
Last Modified: 23 Feb 2022 04:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45574

Actions (login required)

View Item
View Item