Purba, Asmanto (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Metakognisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK Kesehatan Haji Sumut. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8214071015 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM 8214071015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (856kB) | Preview
3. NIM 8214071015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. NIM 8214071015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
5. NIM 8214071015 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
6. NIM 8214071015 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM 8214071015 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
8. NIM 8214071015 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 8214071015 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (913kB) | Preview
13. NIM 8214071015 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM 8214071015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi yang dikembangkan. 2) Mendeskripsikan kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi yang dikembangkan. 3) Mendeskripsikan efektivitas perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi yang dikembangkan. 4) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid dengan nilai rata-rata total validitas RPP sebesar 4,30; buku petunjuk guru sebesar 4,42; buku siswa sebesar 4,42; LAS sebesar 4,40; butir soal tes kemampuan pemecahan masalah matematik juga telah berada pada kategori valid. 2) Perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi telah memenuhi persyaratan kepraktisan. 3) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi telah memenuhi kriteria efektif. 4) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi pada materi program linear yaitu: a) rata-rata pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada ujicoba I sebesar 75 % meningkat menjadi 85,71% pada ujcoba II, b) rata-rata setiap indikator kemampuan pemecahan masalah matematik siswa menunjukkan peningkatan dari ujicoba I ke ujicoba II.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Pur p |
Keywords: | perangkat pembelajaran; pembelajaran berbasis masalah; pendekatan metakognisi; kemampuan pemecahan masalah. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 04:12 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45574 |