Lubis, Nurliza Fahmi (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Kemandirian Belajar Siswa SMA Swasta Tunas Pelita Binjai. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8214071012 COVER.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
2. NIM. 8214071012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
3. NIM. 8214071012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 8214071012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. NIM. 8214071012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
6. NIM. 8214071012 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7. NIM. 8214071012 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
8. NIM. 8214071012 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 8214071012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (895kB) | Preview
13. NIM. 8214071012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
14. NIM. 8214071012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) menemukan perangkat pembelajaran berkualitas yang dikembangkan melalui pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik, (2) Mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa melalui perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui pembelajaran pendekatan matematika realistik, (3) Mendeskripsikan kemandirian belajar siswa melalui perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik, (4) Mengetahui respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini diadaptasi dari nodek pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Uji coba dilakukan dengan tiga tahap yakni (1) uji validasi ahli; (2) uji coba terbatas; dan (3) uji coba lapangan. Instrument penelitian ini yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian terhadap perangkat pembelajaran, dan lembar observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran, tes koneksi matematis, dan skala kemandirian belajar. Analisis data kevalidan dan analisis data kepraktisan masing-masing dilakukan dengan menkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif berupa nilai standar. Analisis data keefektifan tes koneksi matematis dilaksanakan dengan cara menentukan persentase ketuntasan minimal, sedangkan skala kemandirian belajar ditinjau dari peningkatan belajarnya. Penelitian ini memperoleh perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, LKS, dan Buku Siswa. Masing-masing perangkat pembelajaran memenuhi kualitas valid, praktis, dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Lub p |
Keywords: | Perangkat pembelajaran; Pendekatan Matematika Realistik; Koneksi Matematis; dan Kemandirian Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 10:44 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 10:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45559 |