Tarigan, Ifran Fredi (2021) Pengembangan Buku Saku PPKn Berbasis Literasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sdn 067243 Kecamatan Medan Selayang T.P. 2020/2021. Masters thesis, UNIMED.
1. 8176182020 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. 8176182020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (626kB) | Preview
3. 8176182020 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
4. 8176182020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. 8176182020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. 8176182020 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. 8176182020 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. 8176182020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
12. 8176182020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
13. 8176182020 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemngembanagn buku saku PPKn Berbasis Literasi, bagaimana kelayakan dan keefektifan buku saku PPKn Berbasis Literasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 067243 Medan Selayang. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 30 siswa dimana kelas IV-a 15 siswa dan IV-b 15 siswa. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan tehnik deskriftif kualitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang sudah memenuhi syarat kelayakan setelah dilakukan validasi oleh validator ahli. validasi materi dinyatakan sangat layak dengan persentase 89,77%. Untuk ahli bahasa dinyatakan sangat layak dengan persentase 88% . dan ahli desain dinyatakan layak digunakan dengan persentase 80,76%. Dalam penelitian ini kelayakan juga didapat dari angket respon siswa setelah siswa memakai dan mersakan produk yang telah dikembangkan. Hasil angket respon siswa terhadap modul tematik berbasis inkuiri terbimbing juga dikatakan layak dengan persentase 76,19%. Keefektifan produk dapat dilihat dari nilai N- Gain. Dari nilai N- Gain kelas eksperimen mencapai 0,48 dinyatakan efektifitas buku saku berkategori Sedang. Berbeda dengan kelas control yang berkategori efektifitas rendah dengan skor 0,26. Selanjutnya peneliti menguji hipotesis penelitian, apakah hipotesis dapat diterima atau tidak menggunakan uji t-test dengan bantuan program SPSS. Pada output paired sample test dengan SPSS versi 17, diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji paired sample test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa Buku Saku PPKn Berbasis Literasi layak dan efektif digunakan di kelas IV SD IV Sdn 067243 Kecamatan Medan Selayang T.P 2020/2021
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.8 Tar p |
Keywords: | Buku Saku; Literasi; Hasil Belajar |
Subjects: | K Law > K Law (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 09:58 |
Last Modified: | 25 Feb 2022 08:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45554 |