Febriyanni, Rani (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTSN TANJUNG PURA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136171044 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2. NIM. 8136171044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
3. NIM. 8136171044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
4. NIM. 8136171044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
5. NIM. 8136171044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
6. NIM. 8136171044 TABLES.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
7. NIM. 8136171044 ILLUSTRATIO.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
8. NIM. 8136171044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
9. NIM. 8136171044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 8136171044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (932kB) | Preview
14. NIM. 8136171044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (793kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan tujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik yang valid dan efektif, beserta seluruh instrumen penelitian yang terkait dengan penerapan perangkat tersebut dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun ruang prisma untuk siswa kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama adalah pengembangan perangkat pembelajaran. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik dengan mengacu pada model pengembangan perangkat pembelajaran menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (four D models). Tahap kedua adalah implementasi perangkat pembelajaran yang dianggap sudah layak. Rancangan dalam ujicoba menggunakan one-group posttest-only design. Temuan hasil penelitian yakni: 1) perangkat pembelajaran yang dihasilkan, berupa: rencana pelaksanaan pembelajaran, buku guru, buku siswa, lembar kegiatan siswa, tes pemahaman konsep, dan skala disposisi matematis telah memenuhi kriteria baik/valid; 2) keefektifan perangkat pembelajaran disimpulkan berdasarkan pada: (i) Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada uji coba I sebesar 85,71% dan pada uji coba II sebesar 90%, (ii) ketercapaian tujuan pembelajaran pada uji coba I tidak tercapai pada soal no 4 dan soal no 5 dan pada uji coba II tercapai pada setiap butir soal, (iii) ketercapaian waktu ideal pada uji coba I dan uji coba II adalah ideal; 3) respons siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran adalah positif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Feb p |
Keywords: | perangkat pembelajaran; pendekatan matematika realistik; model pengembangan 4-d;kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4552 |