PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL THINKING DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP

Novrini (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL THINKING DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8136172060 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8136172060 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8136172060 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8136172060 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (531kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8136172060 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8136172060 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8136172060 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8136172060 PREFACE.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8136172060 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8136172060 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8136172060 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8136172060 TABLES.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8136172060 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8136172060 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8136172060 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8136172060 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8136172060 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8136172060 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8136172060 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8136172060 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8136172060 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8136172060 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran berorientasi problem based learning yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan visual thinking dalam pemecahan masalah matematis siswa materi lingkaran di kelas VIII SMP, 2) mengetahui peningkatan kemampuan visual thinking dalam pemecahan masalah matematis setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah buku pegangan guru, buku siswa, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan siswa (LKS) dan instrumen untuk mengukur kemampuan visual thinking dalam pemecahan masalah matematis. Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi problem based learning ini menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yang meliputi tahap define, design, develop dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Selesai berjumlah 44 orang. Kevalidan dilihat dari hasil validasi oleh para ahli . Untuk validitas instrumen para ahli menyatakan bahwa tes layak digunakan, validitas RPP sebesar 4,42; Buku Panduan Guru sebesar 4,24; Buku Siswa sebesar 4,49., dan LKS sebesar 4,32. Keseluruhan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada dalam kategorikan valid (4≤X<5). Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berorientasi problem based learning layak digunakan. Dari hasil ujicoba instrumen tes diperoleh validitas tiap butir soal berada dalam kategori valid dan tingkat reliabilitas tes sebesar 0,85 dengan kategori reliabilitas tinggi. Kepraktisan perangkat dilihat dari hasil validasi perangkat oleh para ahli, hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran atau kemampuan guru mengelola pembelajaran yang berada dalam kategori baik/terlaksana sepenuhnya yaitu sebesar 4,29 pada ujicoba lapangan I dan 4,01 pada uji coba II , hasil pengamatan aktivitas siswa berada pada dalam interval waktu ideal. Keefektifan dilihat dari (1) respon positif dari para siswa terhadap perangkat pembelajaran sebesar 80%, dan (2) hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 86% pada kegiatan ujicoba lapangan I dan 91% pada uji coba lapangan II. Dari Hasil penelitian diperoleh informasi bahwa : 1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis dan efektif; 2) kemampuan visual thinking dalam pemecahan masalah matematis meningkat dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu sebesar 5 %

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Nov p
Keywords: Perangkat Pembelajaran; Problem Based Learning;Model Pengembangan 4D; Kemampuan Visual Thinking dalam Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 27 Sep 2016 02:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4551

Actions (login required)

View Item
View Item