HAJJ, NAMIRATUL (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, MINAT BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PATUMBAK. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7173142024 COVER.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
2. NIM 7173142024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
3. NIM 7173142024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
4. NIM 7173142024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
5. NIM 7173142024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
6. NIM 7173142024 TABLES.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
7. NIM 7173142024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM 7173142024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9. NIM 7173142024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (580kB) | Preview
13. NIM 7173142024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
14. NIM 7173142024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar pada siswa kelas X Jurusan akunatansi SMK Negeri 1 Patumbak dikarenakan kurangnya kemandirian belajar dan rendahnya minat serta motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar, minat belajar terhadap hasil belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Patumbak.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Patumbak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Medan yang berjumlah 108 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan Simpel Random Sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji PLS Algoritma, PLS Bootstrapping dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-Signifikansi..
Hasil analisis yang diperoleh rata-rata direfleksikan diatas 0,5 dan indikator outer loading lebih tinggi dari 0,6. Data dari perhitungan untuk hipotesis kemandirian belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa diperoleh dari nilai signifikansi p-value sebesar 0,04 kurang dari 0,05 yang berarti hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Selanjutnya untuk hipotesis minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa diperoleh dari nilai signifikansi p-value sebesar 0,00 kurang dari 0,05 yang berarti hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kemudian untuk hipotesis motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa diperoleh dari nilai signifikansi p-value sebesar 0,01 kurang dari 0,05 yang berarti hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemandirian Belajar, Minat Belajar, Motivasi Belajar, Hasil belajar Belajar, Partial Least Square (PLS) |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 08:12 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45494 |