TAMPUBOLON, KRISTIN DAME YULIA (2021) PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL DAN PERILAKU BELAJAR SISWA KELAS XI TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI DISMK NEGERI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7173142016 COVER.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
2. NIM 7173142016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
3. NIM 7173142016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4. NIM 7173142016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
5. NIM 7173142016 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
6. NIM 7173142016 TABLES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
7. NIM 7173142016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
8. NIM 7173142016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
9. NIM 7173142016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
13. NIM 7173142016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
14. NIM 7173142016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah pemahaman akuntansi di kelas XI AKL masih dikatakan rendah faktor - faktor yang menentukan pemahaman akuntansi seperti kecerdasan intelektual dan perilaku juga masih dikatakan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kecerdasan intelektual siswa terhadap pemahaman akuntansi dan pengaruh perilaku belajar siswa kelas XI terhadap pemahaman akuntansi di Smk N 1 Medan.
Populasi dalam penelitian sebanyak 140 orang pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling sehingga didapatkan hasil sebanyak 103 siswa yang terdiri dari 4 kelas, jenis sumber data dengan menggunakan data primer yaitu penyebaran kuesioner kepada 103 responden. Sebelumnya dilakukan uji instrumen data yaitu uji validitas dan uji reliabilitas di Smk Swasta jambi medan. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskesdisitas. Kecerdasan intelektual diukur dengan kemampuan memecahkan masalah, kemampuan figur, kemampuan verbal dan kemampuan numerik. Perilaku belajar diukur dengan perilaku membaca buku, perilak mengikuti pelajaran, perilaku belajar di rumah dan perilaku mempersiapkan ujian. Untuk pemahaman akuntansi diukur dengan 8 pernyataan konsep mengenai akuntansi pajak, akuntansi keuangan, akuntansi lembaga dan myob.
Berdasarkan pengolahan data didapatkan hasil untuk kecerdasan intelektual nilai signifikansinya 0,624 > 0,05 dan t hitung -0,492 < 1,983 dan untuk perilaku belajar nilai signifikansinya 0,000 < 0,05 dan t hitung 6,251 > 1,983 dan untuk f hitung sebesar 26,493>3,09 dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05.
Dengan hasil tersebut maka penelitian menunjukkan: perilaku belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman akuntansi, kecerdasan intelektual tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman akuntansi dan secara simultan kecerdasan intelektual dan perilaku belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kecerdasan Intelektual, Perilaku Belajar, Pemahaman Akuntansi. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 08:11 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45493 |