Angreiny, Salimah (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA MTS MADINATUSSALAM SEI ROTAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136171047 Cover.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. 8136171047 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
3. 8136171047 Abstrak.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4. 8136171047 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. 8136171047 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
6. 8136171047 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. 8136171047 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
8. 8136171047 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
9. 8136171047 Bab I.pdf - Published Version
Download (746kB) | Preview
10. 8136171047 Bab V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
11. 8136171047 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validitas perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan 2) efektivitas perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan; 3) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa MTs Madinatussalam dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan; 4) peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa MTs Madinatussalam dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan; 5) proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah menggunakan model pengembangan Four-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan di kelas VII-3 dan kelas VII-2 MTs Madinatussalam untuk melihat efektivitasnya. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP = 4,46, buku siswa = 4,43, LAS = 4,40. Uji validitas tes kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik juga valid dengan reliabilitas tes kemampuan pemecahan masalah = 0,604 (tinggi) dan komunikasi matematik = 0,786 (tinggi); 2) perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan efektif, ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) aktivitas aktif siswa dalam batas toleransi waktu ideal yang ditetapkan; dan c) respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran positif; 3) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan; 4) peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan; 5) proses jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari uji coba I. Selanjutnya, disarankan agar guru dapat menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang telah dikembangkan sebagai salah satu alternatif pembelajaran sehingga siswa lebih mudah dalam menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Ang p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Model 4-D; Pembelajaran berbasis Masalah; Pemecahan Masalah; Komunikasi Matematik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 25 May 2016 04:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4549 |