MANALU, ANASTASYA ELISABET (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI SISWA KELAS XII JURUSAN AKUNTANSI SMKS BUDI AGUNG MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM 7173342003 COVER.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
2.NIM 7173342003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3.NIM 7173342003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
4.NIM 7173342003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
5.NIM 7173342003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
6.NIM 7173342003 TABLES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7.NIM 7173342003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8.NIM 7173342003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
9.NIM 7173342003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
13.NIM 7173342003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
14.NIM 7173342003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar yang dimiliki siswa SMKS Budi Agung Medan belum sepenuhnya optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: pengaruh kemandirian belajar dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar komputer akuntansi. Penelitian dilakukan di SMKS Budi Agung Medan. Populasi yang diteliti yaitu seluruh siswa kelas XII jurusan akuntansi, teknik sample yang digunakan total sampling dengan jumlah siswa 66 orang. Jenis Penelitian yang digunakan kuantitatif dengan metode expost facto dalam pendekatan causal research. Teknik pengambilan data menggunakan angket (kuesioner) dengan dokumentasi dalam memperoleh prestasi belajar. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan realibilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbach. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) kemandirian belajar memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar komputer akuntansi siswa kelas XII Akuntansi di SMKS Budi Agung Medan, yang ditunjukkan dengan nilai t_hitung > t_tabel (3,694 >1,998) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (2) fasilitas belajar di rumah memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar komputer akuntansi siswa kelas XII Akuntansi di SMKS Budi Agung Medan di mana nilai t_hitung > t_tabel. (3.386> 1,998). dan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. (3) kemandiran belajar dan fasilitas belajar di rumah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar komputer akuntansi siswa kelas XII Akuntansi di SMKS Budi Agung Medan yang ditunjukan dengan nilai simultan (uji F) di mana nilai Fhitung sebesar 66,213 dengan taraf signifikan 0,000 dengan nilai F_hitung > F_tabel (22.956 >3,140) dan nilai signifikan (0,000 < 0,05).
Koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 40,3% sedangkan sisanya 59,7 %. Hasil tersebut menunjukan bahwa kemampuan variabel bebas menjelaskan persentase kontribusi terhadap variabel terikat sangat terbatas, ini dapat dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian ini. Persamaan regresi linear berganda yang dihasilkan adalah Y= 51,778+0,417X_1+0,226X_2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemandirian belajar, Fasilitas Belajar Di Rumah dan Prestasi belajar komputer akuntansi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3201 School architecture and equipment. School physical facilities. Campus planning |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 08:12 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45488 |