TARIHORAN, MARIANA (2021) PENGARUH SOFT SKILLS DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2018 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7172143004 COVER.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
2. NIM. 7172143004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (780kB) | Preview
3. NIM 7172143004 ABSTRACT (ABSTRAK).pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
4. NIM 7172143004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
5. NIM 7172143004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
6. NIM 7172143004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
7. NIM 7172143004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
8. NIM 7172143004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
9. NIM 7172143004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (863kB) | Preview
13. NIM 7172143004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
14. NIM 7172143004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Pengaruh soft skills terhadap hasil belajar kewirausahaan, 2) Pengaruh intensitas belajara terhadap hasil belajar kewirausahaan, dan 3) Pengaruh soft skills dan intensitas belajar terhadap hasil belajar kewirusahaan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis Stambuk 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dan sample penelitian ini sebanyak 53 orang. Instrumen pengumpulan data adalah kuesioner. Validitas dihitung dengan korelasi product moment dan reliabilitas mengunakan alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji lineritas, uji multikolinieritas, analisis regresi berganda dan uji hipotesis.
Teknik analisis yang dilakukan dengan program SPSS versi 25 diperoleh persamaan garis linear Y = 121, 029 + 0,403 X1 + 0,271X2. Dari analisis data diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh dan signifikan yang positif antara soft skills terhadap hasil belajar kewirausahaan dengan nilai thitung ( 2,489 ) > ttabel (2,008) dan nilai signifikansinya 0,016. (2) Terdapat pengaruh dan signifikan yang positif antara intensitas belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan dengan thitung (2,242) > ttabel (2,008) dan nilai signifikansinya 0,029. Dan (3) Terdapat pengaruh dan sifnifikan yang positif antara soft skills dan intensitas belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan dengan Fhitung (13,281) > Ftabel (3,18) dan signifikansinya 0,00. Besarnya sumbangan dan kontribusi antara variabel bebas terhadap variabel terikat yang diperoleh melalui perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar 0,332 yang artinya sebesar 33,2% hasil belajar mahasiswa dipengaruhi oleh soft skills dan intensitas belajar. Hasil penelitian ini sesuai dengan sumber Elfrindi,dkk.,(2011: 173) soft skills adalah semua sifat yang menyebabkan berfungsinya hard skills yang dimiliki. Soft skills dapat menentukan arah pemanfaatan hard skills. Jika seseorang memilikinya dengan baik, maka illmu dan keterampilan yang dikuasainya dapat mendatangkan kesejahteraan dan kenyamanan bagi pemiliknya dan lingkungannya. kesimpulan dari penelitian ini adalah ukuran soft skills dan intensitas belajar berpengaruh dan signifikan terhadap hasil belajar kewirusahaan. Untuk itu perlu adanya perhatian untuk memaksimalkan soft skills dan intensitas pembelajaran terkait dengan hasil belajar kewirausahaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Soft Skills,Intensitas Belajar Dan Hasil Belajar kewirusahaan. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 01:55 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 04:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45486 |