BANJARNAHOR, PINTAULI (2021) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI DOSEN DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PASAR MODAL PRODI PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2017 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7172143012 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 7172143012 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
3. NIM. 7172143012 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4. NIM. 7172143012 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
5. NIM. 7172143012 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
6. NIM. 7172143012 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 7172143012 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 7172143012 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 7172143012 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
13. NIM. 7172143012 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM. 7172143012 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar mahasiswa program studi pendidikan bisnis angkatan 2017. Penelitian ini dilakukan di program studi pendidkan bisnis stambuk 2017 fakultas ekonomi Universitas Negeri Medan, jalan williem iskandar pasar V Medan. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan bisnis stambuk 2017 yang berjumlah 89 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada responden sebanyak 65 butir pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan variabel minat belajar (X1) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan didapatkan nilai thitung > ttabel (6,407 > 1,662) dengan taraf signifikan α 0,000 < 0,05. Sama halnya dengan variabel persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dalam penerapan model pembelajaran blended learning (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan nilai thitung > ttabel (3,197 > 1,662)dan taraf signifikan 0,002 < 0,05. Secara simultan variabel minat belajar dan persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dalam penerapan model pembelajaran blended learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan nilai Fhitung 39,060 > 3,10 dan nilai signifikannya 0,000 < 0,05. Variabel minat belajar (X1) dan persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dalam penerapan model pembelajaran blended learning (X2) memberikan pengaruh sebesar 47,6% terhadap motivasi belajar mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Minat Belajar, Persepsi Mahasiswa, Kompetensi Dosen, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 21 Feb 2022 07:58 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 05:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45485 |