PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Gajah, Nida Ulfah AR (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8106172043 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8106172043 COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8106172043 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8106172043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8106172043 ABSTRACT .pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8106172043 ABSTRACT .pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8106172043 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8106172043 PREFACE.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8106172043 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8106172043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8106172043 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8106172043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8106172043 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8106172043 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8106172043 TABLES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8106172043 TABLES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8106172043 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8106172043 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8106172043 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 8106172043 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of 14. NIM. 8106172043 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 8106172043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran kontekstual dan pembelajaran konvensional, 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran kontekstual dan pembelajaran konvensional, 3) proses penyelesaian masalah matematik (proses jawaban) dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematik siswa, efektivitas pembelajaran kontektual dalam meningkatan kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematik siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-pos-test control group design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 (satu) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dan VII-4 SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan.Instrumen yang digunakan terdiri dari:(1)Tes kemampuan koneksi matematik (2) Tes kemampuan pemecahan masalah matematik. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik parametrik.Analisis statistik data dilakukan dengan Manova.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. (3) hasil proses penyelesaian yang dikerjakan siswa padapendekatan matematika kontekstuallebih tinggi daripadahasil proses penyelesaian siswapada pembelajaran konvensional. Selanjutnya disarankan pada guru untuk menerapkan pembelajaran kontekstual pada siswa dengan sebelumnya menyususun perangkat pembelajaran dan instrumen belajar yanag memuat masalah kontekstual agar siswa semakin tertarik belajar matematika sehingga hasil belajar siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Gah p
Keywords: Pendekatan Pembelajaran Kontekstual; Kemampuan Koneksi; Kemampuan pemecahan masalah matematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 26 Sep 2016 08:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4548

Actions (login required)

View Item
View Item