Gajah, Nida Ulfah AR (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8106172043 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. NIM. 8106172043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
3. NIM. 8106172043 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
4. NIM. 8106172043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
5. NIM. 8106172043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
6. NIM. 8106172043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
7. NIM. 8106172043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
8. NIM. 8106172043 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM. 8106172043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
13. NIM. 8106172043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (0B)
14. NIM. 8106172043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (0B)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran kontekstual dan pembelajaran konvensional, 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran kontekstual dan pembelajaran konvensional, 3) proses penyelesaian masalah matematik (proses jawaban) dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematik siswa, efektivitas pembelajaran kontektual dalam meningkatan kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematik siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-pos-test control group design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 (satu) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dan VII-4 SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan.Instrumen yang digunakan terdiri dari:(1)Tes kemampuan koneksi matematik (2) Tes kemampuan pemecahan masalah matematik. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik parametrik.Analisis statistik data dilakukan dengan Manova.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. (3) hasil proses penyelesaian yang dikerjakan siswa padapendekatan matematika kontekstuallebih tinggi daripadahasil proses penyelesaian siswapada pembelajaran konvensional. Selanjutnya disarankan pada guru untuk menerapkan pembelajaran kontekstual pada siswa dengan sebelumnya menyususun perangkat pembelajaran dan instrumen belajar yanag memuat masalah kontekstual agar siswa semakin tertarik belajar matematika sehingga hasil belajar siswa menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Gah p |
Keywords: | Pendekatan Pembelajaran Kontekstual; Kemampuan Koneksi; Kemampuan pemecahan masalah matematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4548 |