Rizqullah, Muhammad Fiqri (2021) Lagu Tawar Sedenge Pada Masyarakat Gayo Di Kabupaten Aceh Tengah Kajian Bentuk Dan Fungsi Musik. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2161142028 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM 2161142028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (699kB) | Preview
3. NIM 2161142028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
4. NIM 2161142028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5. NIM 2161142028 CONTETNS.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
6. NIM 2161142028 PICTURES.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
7. NIM 2161142028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
11. NIM 2161142028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
12. NIM 2161142028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui keberadaan, bentuk dan fungsi dari lagu Tawar
Sedenge yang ada pada masyarakat Gayo Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini berdasar
kepada landasan teoretis yang menjelaskan tentang konsep eksistensi, bentuk musik, dan
fungsi musik, yang kemudian dipaparkan, dan dijelaskan secara sistematis untuk
memperdalam atau menginterpretasikan data secara spesifik dalam rangka menjawab
keseluruhan pertanyaan penelitian. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif
kualitatif yaitu dengan mengumpulkan dan menyusun data lalu dipaparkan dan
diinterpretasikan. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Aceh Tengah. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan, studi kepustakaan, wawancara,
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Keberadaan lagu Tawar Sedenge masih
terus ada, dan sering digunakan pada saat acara-acara politik dan selalu dinyanyikan di
sekolah yang ada di Aceh Tengah. 2) Tawar Sedenge merupakan lagu satu bagian dengan
bentuk AB. 3) Lagu Tawar Sedenge sebagai fungsi yang terbagi atas sepuluh fungsi yang
dikemukakan oleh Alan P. Merriam diantaranya adalah sebagai ekspresi emosional,
kenikmatan estetis, hiburan, komunikasi, representasi simbolis, respon fisik, menguatkan
konformitas terhadap norma sosial, validasi terhadap institusi sosial dan ritual keagamaan,
kontribusi terhadap kontinyuitas dan stabilitas budaya, dan kontribusi terhadap integrasi
masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Tawar Sedenge; Keberadaan; Bentuk musik; Fungsi musik |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN537 Ethnic groups and races G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing M Music and Books on Music > ML Literature on music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Feb 2022 11:34 |
Last Modified: | 21 Feb 2022 11:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45452 |