Siahaan, Deliana Magdalena (2015) PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS POSTER SISWA KELAS VIII SMP PARULIAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2113311014 COVER.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
2. NIM 2113311014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
3. NIM 2113311014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
4. NIM 2113311014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5. NIM 2113311014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM 2113311014 TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM 2113311014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM 2113311014 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
12. NIM 2113311014 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. NIM 2113311014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih jelas pengaruh model pembelajaran Picture and Pictures sebagai kelas eksperimen dan model ekspositori sebagai kelas kontrol dalam meningkatkan kemampuan menulis poster. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Parulian 1 Medan dengan jumlah 103 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 68 siswa yang diambil secara homogen dikarenakan setiap kelas memiliki tingkat kemampuan yang sama, maka peneliti menggunakan random sampling (sampel acak) untuk menjadi sampel penelitian. Desain yang dilakukan yaitu post-test only control group design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya Quasi eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t� dengan rumus (M_x-M_y)/〖SE〗_(Mx-My) .Dari pengolahan data diperoleh hasil post-test kelas ekperimen dan kelas kontrol. Adapun nilai rata-rata kelas eksperimen dengan model pembelajaran Picture and Picture = 78,38, standar deviasi=8,20, dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 29,4%, kategori baik sebanyak 58,8% dan kategori cukup sebanyak 11,7%. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol dengan model Ekspositori= 67,35, standar deviasi=8,34 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 5,88%, kategori baik sebanyak 41,17%, kategori cukup sebanyak 52,94% dan kategori kurang 0%. Dari hasil uji data post-test diketahui keduanya berdistribusi normal. Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh t0 sebesar 5,46, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel sebesar = 2,00 pada taraf signifikasn 5% dk=(N1+N2)-2=66. Oleh karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 5,46>2,00 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti yang empirik bahwa model pembelajaran Picture and Picture berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis poster dibandingkan dengan model Ekspositori di SMP Parulian 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pengaruh model picture and picture; menulis poster |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 06:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4543 |