Hatono (2015) IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS DENGAN PENDEKATAN TIDAK LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SMP NEGERI DI KABUPATEN LANGKAT PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH DI SMP KABUPATEN LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.
UNIMED-Master-37863-8126132010 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
UNIMED-Master-37863-8126132010 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (836kB) | Preview
UNIMED-Master-37863-8126132010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
UNIMED-Master-37863-8126132010 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
UNIMED-Master-37863-8126132010 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
UNIMED-Master-37863-8126132010 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
UNIMED-Master-37863-8126132010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
UNIMED-Master-37863-8126132010 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
UNIMED-Master-37863-8126132010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
UNIMED-Master-37863-8126132010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
UNIMED-Master-37863-8126132010 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi supervisi kinis dengan pendekatan tidak langsung dapat meningkatkan kinerja guru bidang studi bahasa Indonesia pada SMP di Kabupaten Langkat. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah. Tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru. Penelitian tindakan ini terdiri dari empat rangkaian kegiatan yaitu: (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) pengamatan, (d) refleksi.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang guru yang ditentukan dengan cara random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar IPKG, dan Lembar Observasi Supervisi Klinis dengan Pendekatan Tidak Langsung.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut: (1) Pada pra siklus, tidak ada guru yang memiliki skor kinerja dalam kategori baik, 26,67% guru memiliki skor kinerja dalam kategori cukup baik, dan 73,33% guru memiliki skor kinerja dalam kategori kurang baik. (2) Pada siklus pertama tidak ada guru yang memiliki skor kinerja dalam kategori baik. 100% guru memiliki skor kinerja dalam kategori cukup baik. (3) Pada siklus kedua 80,00% guru sudah memiliki skor kinerja dalam kategori baik. 20,00% guru memiliki skor kinerja dalam kategori cukup baik.Hasil temuan penelitian ini menemukan bahwa implementasi supervisi kinis dengan pendekatan tidak langsung dapat meningkatkan kinerja guru. Saran kepada kepala sekolah sebagai supervisor dalam pelaksanaan tugasnya sebaiknya menerapkan supervisi kinis dengan pendekatan tidak langsung. Kepada pengawas sekolah bidang studi bahasa Indonesia sebaiknya menerapkan supervisi kinis dengan pendekatan tidak langsung. Kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Langkat sebaiknya memberikan pendidikan dan pelatihan kepada pengawas dan kepala sekolah untuk memperluas wawasan tentang penerapan supervisi kinis dengan pendekatan tidak langsung. Kepada Guru bidang studi bahasa Indonesia agar selalu meningkatkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan sastra melalui pendidikan dan pelatihan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.213 Har i |
Keywords: | supervisi akdmik; supervi klinis; kinrja guru; RPP; silabus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 06:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4542 |