Nainggolan, Maston (2015) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NO. 094168 SIMPANG NAGAPANEI SIMALANGUN TAHUN AJARAN 2013/2014. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116182032 Cover.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. 8116182032 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8116182032 Abstrak.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. 8116182032 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. 8116182032 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. 8116182032 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. 8116182032 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. 8116182032 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. 8116182032 Bab I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
10 8116182032 Bab V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
11. 8116182032 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiantindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDNo.094168 Simpang Nagapanei Simalungun T.A 2013/2014 sebanyak 28 orang siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data aktivitas belajar siswa yang dikumpulkan dengan teknik observasi dan data hasil belajar siswayang dikumpulkan dengan teknik tes. Data yang terkumpul dianalisis denganteknik analisis statistik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukan, ratarata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II berturut-turut sebesar: 11,87 dan 15,10. Dengan kategori berturut-turut: “cukup aktif”, dan “aktif”. Hal ini ditunjukkan dengan persentase peningkatan rata-rata skor aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 27,21%. Rata-rata nilai hasil belajar siswa ( X ) ketuntasan belajar (KB), dan daya serap (DS) pada siklus I dan siklus II berturut-turut sebesar: 64,57; 53,57%; dan 64,57%, dan 76,60; 89,2%; dan 76,60%. Persentase peningkatan rata-rata nilai hasil belajar siswa ( X ) ketuntasanbelajar (KB), dan daya serap (DS) dari siklus I ke siklus II, berturut-turut sebesar: 18,63%, 66,51%, dan 18,63%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan kontekstual terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi alatpencernaan manusia pada siswa kelas V SD No.094168 Simpang Nagapanei T.A2013/2014. Sehingga bagi guru IPA sebagai guru kelas V SD No.094168 Simpang Nagapanei Simalungun disarankan untuk menerapkan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual agar dapat lebih meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta kepada peneliti selanjutnya disarankan untuk mengadakan penelitian lebih lanjut mengenai pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPA baik di sekolah yang berbeda atau pada pokok bahasan yang berbeda sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa dapat terus ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Nai p |
Keywords: | Pencernaan; Penyakit; Ilmu pengetahuan alam; Pendekatan kontekstual; Aktivitas belajar; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 16 Apr 2024 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4541 |