Singarimbun, Elisabeth (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN REDUKSI DAN OKSIDASI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136142006 Cover.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. 8136142006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
3. 8136142006 Abstrak.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
4. 8136142006 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. 8136142006 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
6. 8136142006 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7. 8136142006 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8. 8136142006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
9. 8136142006 Bab I.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
10. 8136142006 Bab V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
11. 8136142006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah bahan ajar kimia yang dikembangkan untuk SMA/MA kelas X semester II pada pokok bahasan reduksi oksidasi telah layak dan sesuai dengan kurikulum 2013. (2) Apakah penggunaan bahan ajar kimia hasil pengembangan memberikan hasil belajar yang lebih baik kepada siswa SMA/MA kelas X semester II dibandingkan dengan siswa yang diajar tanpa penggunaan bahan ajar kimia yang telah dikembangkan berdasarkan kurikulum 2013.(3) Apakah penggunaan bahan ajar kimia hasil pengembangan dapat menumbuhkembangkan karakter yang lebih baik kepada siswa SMA/MA kelas X semester II dibandingkan dengan siswa yang diajar tanpa penggunaan bahan ajar kimia yang telah dikembangkan berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan data kualitatif yang dijelaskan melalui angket dengan lembar kelayakan buku yang berisi indikator-indikator penilaian yang berasal dari Badan Standar Nasional. Pendidikan (BSNP) dan data kuantitatif untuk mengetahui hasil efektivitaspenggunaan Bahan Ajar terhadap hasil belajar dan karakter siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Negeri 1 Salapian, SMA Negeri 1 Kuala dan SMA Negeri 1 Bahorok. Adapun perlakuan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II pada setiap sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan tes objektif untuk hasil belajar siswa sebelum dan sesudah proses pembelajaran, lembar angket untuk mengukur karakter. Data dianalisis menggunakan SPSS 17.0 dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penilaian berupa rerata tentang validasi untuk menentukan layak atau tidaknya bahan ajar Reduksi Oksidasi. Hasil yang diperoleh: (1) Bahan ajar reduksi oksidasi yang dikembangkan untuk SMA/MA kelas XI semester II telah layak dan sesuai dengan kurikulum 2013 berdasarkan hasil standarisasi kelayakan isi sebesar 3.63, standarisasi kelayakan bahasasebesar 3,64, standarisasi kelayakan penyajian sebesar 3,66, standarisasi kegrafikaan sebesar 3,67 (2) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kimia siswa SMA/MA Kelas Xsemester II yang diajarkan dengan penggunaan bahan ajar kimia pada pokok bahasan reduksi oksidasi yang telah dikembangkan berdasarkan kurikulum 2013 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan tanpa penggunaan bahan ajarkimia pada pokok bahasan reduksi oksidasi yang telah dikembangkan berdasarkan kurikulum 2013. (Sig.1-tailed< α (0,000 < 0,05)) (3) Terdapat perbedaan yang signifikan Perkembangan karakter siswa SMA/MA Kelas X semester II yang diajarkan dengan penggunaan bahan ajar kimia pada pokok bahasan reduksi oksidasi yang telah dikembangkan berdasarkan kurikulum 2013 lebih tinggi dibandingkan dengan perkembangan karakter siswa yang diajarkan dengan tanpa penggunaan bahan ajar kimia pada pokok bahasan reduksi oksidasi yang telah dikembangkan berdasarkan kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.393 071 2 Sin p |
Keywords: | Bahan ajar; Reduksi; Oksidasi; Kurikulum; Scientific approach; Pendidikan karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 12 May 2016 17:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4538 |