Nuraini, Siti (2020) Penerapan Metode Pembelajaran Studi Kasus (Case Study Method) Untuk Meningkatkan Apresiasi Siswa Dalam Tari Kreasi Simalungun Di Kelas XI Sma Parulian 1 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2151141031 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. NIM. 2151141031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (700kB) | Preview
3. NIM. 2151141031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
4. NIM. 2151141031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
5. NIM. 2151141031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
6. NIM. 2151141031 TABLES.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
7. NIM. 2151141031 LIST OF PHOTOS.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 2151141031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 2151141031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
13. NIM. 2151141031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
14. NIM. 2151141031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil penerapan metode pembelajaran studi kasus (Case Study Method) dalam meningkatkan apresiasi siswa terhadap tari kreasi Simalungun berdasarkan KD 3.3 yaitu menganalisis hasil pergelaran tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur di kelas XI SMA Parulian 1 Medan. Teori yang digunakan adalah studi kasus (case study method) oleh Zainal Aqib dan Ali Murtadlo dan pengertian apresiasi oleh Gove dalam Aminudin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 84 siswa, sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa kelas XI IPA 2 dengan jumlah siswa 28 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Dari hasil uji t pada taraf α = 0,05 atau (0.000< 0,05) dan Thitung ≥ Ttabel (16,704 > 2,05183). Uji t dilakukan setelah diperoleh nilai pretest dan posttest, dimana hasil nilai rata-rata yang diperoleh dari pretest adalah 45,00 sedangkan hasil nilai rata-rata yang diperoleh dari posttest adalah 85,18. Dari hasil rata-rata tersebut dapat diketahui bahwa peningkatan persentase dari nilai pretest ke posttest untuk apresiasi siswa adalah meningkat sebesar 40,18%. Hal ini membuktikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran studi kasus (case study method) pada materi tari kreasi Simalungun dapat meningkatkan apresiasi siswa kelas XI SMA Parulian 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Studi Kasus (Case Study Method); Tari Kreasi Simalungun; Apresiasi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN537 Ethnic groups and races G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 16 Feb 2022 09:15 |
Last Modified: | 16 Feb 2022 09:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45364 |