Andryani, Novy (2020) Penerapan Model Take and Give Pada Pembelajaran Tari Mak Inang Pulai Kampai Untuk Meningkatkan Apresiasi Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Kisaran. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2151141021 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM. 2151141021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
3. NIM. 2151141021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4. NIM. 2151141021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM. 2151141021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
6. NIM. 2151141021 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 2151141021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
8. NIM. 2151141021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 2151141021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
13. NIM. 2151141021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM. 2151141021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Take and Give
pada pembelajaran tari Mak Inang Pulau Kampai sesuai KD. 3.1 yaitu memahami
konsep, teknik dan prosedur dalam menirukan ragam gerak dasar tari di SMA
Negeri 1 Kisaran. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori
model Take and Give, teori pembelajaran, dan teori apresiasi seni tari. Teori
model Take and Give yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori menurut
Miftahul Huda (2014: 242-243). Waktu yang digunakan dalam penelitian ini
selama tiga bulan, dimulai bulan Oktober sampai Desember. Lokasi Penelitian
dilakukan di SMA Negeri 1 Kisaran. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas X
yang berjumlah 7 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 252 orang. Sampelnya
yaitu siswa yang berada di kelas X IPA-1 yang berjumlah 36 orang. Metode
penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi ekperiment dalam
one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian diketahui bahwa
ada 8 tahapan Take and Give menurut pemahaman penulis berdasarkan Miftahul
Huda terdiri dari (1) guru menyiapkan kartu sebanyak jumlah siswa (2) guru
mengkondisikan kelas (3) guru menjelaskan materi menggunakan power point
sesuai KD 3.1 yaitu memahami konsep, teknik, dan prosedur dalam menirukan
ragam gerak dasar tari (4) guru membagikan kartu dan memberi waktu kepada
masing-masing siswa untuk menghafal materi yang terdapat pada kartu (5) guru
mengarahkan siswa untuk mencari pasangan sesuai dengan kartu yang telah
ditulis oleh guru sebelumnya (6) guru memberikan pertanyaan yang jawabannya
sesuai dengan informasi yang diterima dari pasangan (7) guru melakukan sesuai
langkah-langkah (8) guru menutup pelajaran. Hasil tes uji T yang diperoleh dalam
penelitian ini yaitu thitung lebih besar dari ttabel (78,19621117 > 1,997729633). Uji T
dilakukan setelah diperoleh nilai pretest dan posttest, di mana pelaksanaan pretest
dilakukan sebelum treatment (metode ceramah) dengan perolehan nilai rata-rata
pretest sebesar 56,16, sedangkan pelaksanaan posttest dilakukan setelah treatment
(model take and give) dengan perolehan nilai rata-rata posttest sebesar 83,47.
Dengan demikian diperoleh peningkatan nilai apresiasi siswa mencapai 33%, ini
menunjukkan bahwa melalui penerapan model Take and Give, apresiasi siswa
kelas X terhadap materi tari Mak Inang Pulau Kampai sesuai KD 3.1 meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Take and Give; Pembelajaran; Apresiasi Seni Tari |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 14 Feb 2022 05:07 |
Last Modified: | 14 Feb 2022 05:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45362 |