Nasution, Nadia Afi Shafira (2021) Pengembangan E-Modul Inovatif dengan Aplikasi Sigil pada Materi Bentuk Molekul Berbasis Pendekatan Saintifik Terintegrasi Tiga Level Representasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8196142006 COVER.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
2. NIM. 8196142006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8196142006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM. 8196142006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
5. NIM. 8196142006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
6. NIM. 8196142006 TABLES.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
7. NIM. 8196142006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
8. NIM. 8196142006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
9. NIM. 8196142006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 8196142006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
14. NIM. 8196142006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
Abstract
Pengembangan media pembelajaran dalam bentuk elektronik perlu dilakukan sesuai teknologi yang semakin berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul elektronik (e-modul) pada materi bentuk molekul dan untuk mengetahui analisis kebutuhan, tingkat kevalidan, hasil belajar, dan respon mahasiswa terhadap e-modul yang dikembangkan dengan aplikasi sigil. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunalan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari hasil validasi ahli materi, ahli media, serta respon mahasiswa terhadap e-modul bentuk molekul yang telah dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil analisis kebutuhan didapatkan bahwa hasil standarisasi bahan ajar yang digunakan pada proses pembelajaran yakni sebesar 2,7 dengan kategori cukup valid, (2) tingkat validasi yang didapatkan dari validasi kelayakan e-modul yang dikembangkan mendapatkan kategori valid dan layak untuk kelayakan isi adalah 3,47, kelayakan bahasa adalah 3,80, kelayakan penyajian 3,58, dan kelayakan media adalah 3,70, (3) terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa yang signifikan dengan nilai kriteria ketuntasan minimal sebesar 75 dengan rata-rata posttes mahasiswa sebesar 79 dan diperoleh nilai sig. = 0,01 < 0,05, (4) hasil dari respon mahasiswa didapatkan adalah 86% dengan kategori sangat baik sehingga e-modul yang telah dikembangkan dengan aplikasi sigil layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.220 72 Nas p |
Keywords: | bentuk molekul; e-modul inovatif; pendekatan saintifik; sigil |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 04 Feb 2022 09:21 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 09:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45338 |