paya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Sprint Melalui Pendekatan Saintifik dan Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun Ajaran 2019/2020

Gultom, Musbar (2020) paya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Sprint Melalui Pendekatan Saintifik dan Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 6153111033 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 6153111033 COVER.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 6153111033 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 6153111033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 6153111033 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 6153111033 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 6153111033 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 6153111033 PREFACE.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 6153111033 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 6153111033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 6153111033 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 6153111033 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 6153111033 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 6153111033 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 6153111033 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 6153111033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint melalui pendekatan saintifik dan pendekatan bermain pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Model pembelajaran yang digunakan adalah penelitian dengan model Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar siklus I dan tes hasil belajar siklus II yang berbentuk fortopolio lari sprint sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis data maka diperoleh hasil: (1) Pada siklus I dari tes hasil belajar dapat dilihat bahwa dari 32 siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata 18 siswa (56,3%) yang sudah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan siswa yang berjumlah 14 (43,7%) belum mencapai ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh hanya mencapai 73,7. (2) Pada siklus II dapat dilihat bahwa dari 32 siswa, terdapat 28 siswa yang tuntas (87,5%) yang sudah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan siswa yang berjumlah 4 siswa yang tidak tuntas (12,5%) belum mencapai ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh mencapai 86,4. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat di simpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan saintifik dan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2020-PJKR-038
Keywords: Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar Siswa; Atletik; Lari Sprint; Pendekatan Saintifik
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 04 Feb 2022 04:29
Last Modified: 04 Feb 2022 04:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45327

Actions (login required)

View Item
View Item