Marbun, Johannes (2013) EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS MIND MAP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SORKAM T.P. 2013/2014. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116176008 Cover.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2. 8116176008 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8116176008 Abstrak.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
4. 8116176008 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. 8116176008 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. 8116176008 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7. 8116176008 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. 8116176008 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. 8116176008 Bab I.pdf - Published Version
Download (675kB) | Preview
10. 8116176008 Bab V.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
11. 8116176008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis perbedaan hasil belajar fisika siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tanpa mind map dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis mind map; (2) menganalisis perbedaan hasil belajar fisika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis fisika tinggi dengan kemampuan berpikir kritis fisika rendah; (3) menganalisis interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis mind map dan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tanpa mind map dengan kemampuan berpikir kritis fisika terhadap hasil belajar fisika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sorkam semester I T.P 2013/2014. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel 72 orang yang ditentukan dengan cluster random sampling, yaitu XI-1 TKJ sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis mind map sebanyak 36 orang dan XI TSM sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tanpa mind map sebanyak 36 orang. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis fisika dan tes hasil belajar fisika. Uji persyaratan telah dilakukan berupa uji parametrik karena data yang diperoleh berdistribusi normal dan homogen. Hipotesis penelitian diuji dan dianalisis menggunakan GLM (General Linier Model) pada taraf signifikansi 0,05 dengan bantuan SPSS versi 17.0 for windows. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis ysng dilakukan, diperoleh bahwa: (1) model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis mind map lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tanpa mind map; (2) hasil belajar fisika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis fisika tinggi lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis fisika rendah; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tanpa mind map dan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis mind map dengan kemampuan berpikir kritis fisika terhadap hasil belajar fisika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 536.071 9 Mar e |
Keywords: | Suhu; Kalor; Mind map; Pembelajaran kooperatif; Model pembelajaran; Berpikir kritis; Jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 May 2016 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4532 |