Nasution, Rliya Fitri (2022) Pengembangan Bahan Ajar Kajian Prosa Indonsia Melalui Pendekatan Ekologi Sastra. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8196191008 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM 8196191008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
3. NIM 8196191008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM 8196191008 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM 8196191008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM 8196191008 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 8196191008 LIST FIGURES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 8196191008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 8196191008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
13. NIM 8196191008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
14. NIM 8196191008 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar bahan ajar kajian prosa indonsia melalui pendekatan ekologi sastra. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development yang mengacu pada model Borg and Gall. Tahapan pengembangan adalah fase studi awal, pengembangan produk awal, dan uji coba produk. Hasil validasi oleh ahli desain dinyatakan “sangat baik” dengan total persentasi rata-rata 93,7%. Hasil validasi materi termasuk kelayakan isi dengan rata-rata 97 % dengan kategori sangat baik, kelayakan Penyajian dengan rata-rata 96 % dengan kategori sangat baik, dan hasil penelitian bahasa pada modul kajian prosa indonsia melalui pendekatan ekologi sastra dinilai “sangat baik’ dengan total bahasa 98 %. Hasil Penelitian yang dilakukan dosen menunjukkan bahwa modul kajian prosa fiksi melalui pendekatan ekologi sastra berada pada kategori “sangat baik” dengan persentasi rata-rata 89,1%. Uji coba produk dilakukan dalam tiga tahap: pengujian individual, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan terbatas. Uji coba individu dengan rata-rata 86% dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 87,4%. dengan kategori sangat baik, dan uji coba lapangan terbatas dengan rata-rata 88,8%. Pada saat pretes diperoleh nilai 78 dan postes diperoleh nilai 86. Selisih antara pretes dan postes adalah 8% Selisih antara pretes dan postes adalah 8% yang mengindikasikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan modul kajian prosa fiksi melalui pendekatan ekologi sastra sangat baik dari sebelumnya. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar kajian prosa fiksi melalui pendekatan ekologi sastra mahasiswa S-1 Bahasa Indonesia Universitas Prima Indonesia . Penelitian ini berimplikasi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia yaitu bahan ajar kajian prosa yang memberikan sumbangan praktis terutama dalam pelaksanaan proses pembelajaran bagi dosen, bahan ajar kajian prosa ini dapat menjadi bahan ajar tambahan untuk memberikan kemudahan dalam menyampaikan materi kajian prosa yang diajarkan, memperkaya dan menambah pengetahuan mahasiswa tentang kajian prosa dan ekologi sastra sehingga pembelajaran akan lebih menarik dan memotivasi mahasiswa, melatih mahasiswa belajar mandiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 808.888 072 Nas p |
Keywords: | bahan ajar; kajian prosa fiksi; ekologi sastra; pengembangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 09:37 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 09:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45318 |