Yanto, Ferri (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6131111032 COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2. NIM. 6131111032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
3. NIM. 6131111032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 6131111032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM. 6131111032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
6. NIM. 6131111032 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 6131111032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 6131111032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 6131111032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
13. NIM. 6131111032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM. 6131111032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat jauh melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA-3 SMA Negeri 2 Lubuk Pakam dengan jumlah siswa 35 orang, terdiri dari 16 orang siswa putra dan 19 orang siswa putri. Berdasarkan hasil observasi kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran lompat jauh, pada siklus I kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori cukup (67,50%). Sedangkan pada siklus II kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi sangat baik (92,50%). Selanjutnya, sesuai hasil observasi partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran lompat jauh, pada siklus I keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori kurang (70%). Sedangkan pada siklus II keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi lebih baik (95%). Kemudian untuk memperoleh hasil belajar keterampilan lompat jauh maka dilakukan tes hasil belajar yang dinilai berdasarkan portofolio yang telah disusun. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 24 siswa (68,57%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 11 siswa (31,43%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata klasikal 85,83. Pada tes hasil belajar siklus II, siswa mengalami peningkatan hasil belajar yaitu 31 siswa (88,57%) telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (11,43%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 92,92. Berdasarkan hasil tes tersebut terjadi peningkatan jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dan memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu >85 %. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh kesimpulan bahwa dalam pembelajaran melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-IKOR-013 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok; Pendekatan Saintifik |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV750 Air sports: Airplane flying, kiteflying, bungee jumping, etc. L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 07:13 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45301 |