Saragi, Esron (2014) MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU FISIKA MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN PERPINDAHAN KALOR MELALUI WORKSHOP DI SMA NEGERI SUB RAYON 1 DAN 2 KABUPATEN TAPANULI TENGAH. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126132049 Cover.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. 8126132049 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
3. 8126132049 Abstrak.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
4. 8126132049 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. 8126132049 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
6. 8126132049 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7. 8126132049 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
8. 8126132049 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. 8126132049 Bab V.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
10. 8126132049 Bab I.pdf - Published Version
Download (614kB) | Preview
11. 8126132049 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui workshop dapat meningkatkan kompetensi guru fisika membuat media perpindahan kalor di SMA Negeri Sub Rayon 1 dan 2 Kabupaten Tapanuli Tengah. Hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah melalui workshop dapat meningkatkan kompetensi guru fisika membuat media pembelajaran perpindahan kalor.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tukka Kabupaten Tapanuli Tengah selama lima bulan yaitu bulan Oktober 2013 s.d Februari 2014. Subjek penelitian adalah guru fisika SMA Negeri sub rayon 1 dan 2 Kabupaten Tapanuli Tengah sebanyak 6 (enam) orang. Objek penelitian adalah media pembelajaran perpindahan kalor. Media pembelajaran perpindahan kalor yang dibuat adalah dari barang bekas atau dari bahan yang harganya murah sehingga dapat terjangkau.Hasil analisis data membuat media pembelajaran perpindahan kalor secara konduksi pada siklus 1 pertemuan 1 sebesar 31,33% (kurang), pertemuan 2 sebesar 36,67% (kurang), dan pertemuan 3 sebesar 43,33% (cukup). Perpindahan Kalor secara Konveksi siklus 1 pertemuan 1 sebesar 46,67% (cukup), pertemuan 2 sebesar 52,67% (cukup), dan pertemuan 3 sebesar 62,67% (baik). Perpindahan kalor secara radiasi siklus 1 pertemuan 1 sebesar 70% (baik), pertemuan 2 sebesar 76,67% (baik), dan pertemuan 3 sebesar 89,33% (sangat baik). Nilai rata-rata kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran perpindahan kalor secara Konduksi, Konveksi, dan Radiasi meningkat dari siklus 1 pertemuan ke 1 sampai dengan siklus 3 pertemuan 3 yaitu 31,33% menjadi 89,33%. Peningkatan nilai rata-rata kompetensi guru: 89,33 – 31,33 = 58,00%. Hasil analisis angket tentang pelaksanaan workshop memperoleh rata-rata 97,71% berarti pelaksanaannya berlangsung dengan hasil amat baik dan kompetensi guru meningkat dalam pembuatan media pembelajaran.Implikasi penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru membuat media pembelajaran meningkat sehingga diharapkan kompetensi tersebut dapat diterapkan dalam peningkatan kualitas pembelajaran fisika melalui pembuatan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.12 Sar m |
Keywords: | Media pembelajaran; Perpindahan kalor; Alat praktikum; Kompetensi; Guru; Workshop; Radiasi; Konveksi; Konduksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 11 May 2016 17:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4528 |