Shiddiqy, Abdul Ra’uf Ash (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8186176003 COVER.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
2. NIM 8186176003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
3. NIM 8186176003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM 8186176003 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
5. NIM 8186176003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
6. NIM 8186176003 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM 8186176003 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
8. NIM 8186176003 LIST OF BAGAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 8186176003 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
10. NIM 8186176003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
14. NIM 8186176003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
15. NIM 8186176003 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajara berbasis Sparkol dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 1 Pekaitan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model Pengembangan ADDIE. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X dan XI SMAN 1 Pekaitan Semester Ganjil acade 2021/2022. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel 9 orang kelas XI MIA dan 30 orang kelas X MIA yang ditentukan dengan purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket penilaian media dan soal tes kemampuan berpikir kritis. Dimana instrumen soal tes kemampuan berpikir kritis telah teruji valid dan reliabel dengan menggunaan SPSS 26. Berdasarkan analisis data hasil angket media, didapatkan video pembelajaran berbasis Sparkol dinyatakan layak untuk diterapkan dikelas, dengan nilai 75% mutu teknis dan 77,5% aspek media oleh ahli media, sedangkan oleh ahli materi mendapat nilai 73,3% aspek media dan 92,5% kesesuaian materi, berdasarkan nilai tersebut video pembelajaran yang dihasilkan termasuk dalam kategori baik oleh ahli media dan ahli materi. Penggunaan video pembelejaran berbasis Sparkol berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan peningkatan nilai n-gain sebesar 0,4 yang tergolongong sedang dalam kategori faktor gain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 531.112 072 Shi p |
Keywords: | Video Pembelajaran berbasis Sparkol; Model pengembangan ADDIE; kemampuan berpikir kritis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 02:28 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 02:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45274 |