Nurjannah, Tika (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi STEM Terhadap Keterampilan 4C Pada Materi Suhu dan Kalor. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8186176008 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 8186176008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (711kB) | Preview
3. NIM 8186176008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM 8186176008 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. NIM 8186176008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
6. NIM 8186176008 LIIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
7. NIM 8186176008 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 8186176008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
9. NIM 8186176008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (604kB) | Preview
13. NIM 8186176008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 8186176008 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
Abstract
Industri 4.0 merupakan tantangan terbuka untuk pengembangan keterampilan abad ke-21 yang harus dimiliki adalah keterampilan 4C (keterampilan berpikir kirtis, kreatif, komunikasi dan kolaborasi). Keempat keterampilan ini bisa dilatih melalui pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi STEM pada materi suhu dan kalor. Jenis penelitian ini adalah quasi eksprimen (eksprimen semu) sebab kelas yang dipakai untuk perlakuan (treatment) merupakan kelas yang sudah terbentuk sebelumnya. Dua kelompok belajar dijadikan sampel penelitian yang dibedakan atas kategori kelas eksprimen dengan model pembelajaran Project Based Learning terintegritas STEM dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di kelas XI semester genap di MAN 2 Labuhanbatu Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kelas eksperimen > nilai kelas kontrol. Setelah dilakukan uji t berpasangan, diketahui signifikansi kurang dari 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi STEM terhadap keterampilan 4C pada materi Suhu dan Kalor.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 536,507 2 Nur p |
Keywords: | Project Based Learning; STEM; 4Cs; suhu dan kalor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 10:09 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 10:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45267 |